Kebun Raya Bogor

Vacation alias liburan merupakan momentum “me time” yang menyenangkan. Nah, ulasan kali ini ialah Kebun Raya Bogor (KRB).

Sudah tahu kan tempat wisata di Bogor yang terkenal satu ini?

Disini kamu bukan hanya dapat merefresh segala kepenatan yang ada. Bahkan, ada sarana edukasinya yang jempolan lho.

Daya Tarik

Wisata Kebun Raya Bogor
Foto: @k11sucore

Obyek wisata yang terkenal dengan sebutan Botanical Garden Of Indonesia ini, dijamin bikin kamu betah berlama-lama.

Disini kamu bisa menemukan aneka tumbuhan besar, kecil hingga bunga-bunga nan indah yang akan memanjakan mata juga merilekskan pikiran serta tubuh.

Ribuan Koleksi Tanaman

Kebun Raya ini populer dengan tempat wisatanya yang indah dan cantik. Akan sangat ramai jika hari libur tiba.

Salah satu daya tariknya ialah pada ribuan koleksi spesies tanaman tropis yang sudah dikelompokkan menurut jenis-jenisnya.

Aneka tanaman ini memiliki jenis yang beragam. Mulai dari keluarga Palem, Jahe, maupun Bamboo.

Koleksinya ini terdapat jumlah sekitar 60 jenis beserta pohon-pohon berusia tua.

Kebun dengan luas 87 hektar ini memiliki bunga dengan spesies langka. Bunga Rafllesia Arnoldy yang kesohor dengan sebutan bunga bangkai. Ada pula bunga Fragnant Frangipani.

Ada yang menarik dari bunga Fragnant Frangipani ini, yaitu akarnya selalu menembus tanah sehingga membuatnya makin eksotis.

Ada juga Bunga Lily Jawa yang konon memang sangat langka.

Pohon Tertua

Kamu sudah tahu belum, Pohon tertua yang terdapat di area ini? Ya, pohon tersebut adalah pohon Leci dari Cina.

Pohon ini ditanam berdekatan dengan danau Kebun Raya Bogor pada tahun 1823 dan masih ada disana hingga sekarang.

Selain itu, terdapat pohon Raja dari Kalimantan. Disebut seperti itu karena sang raja di Kalimantan suka mengoleksi tanaman tersebut untuk menarik lebah yang kemudian diambil madunya.

Pohon Kenari

Di sekitar Istana Bogor, pengunjung bisa menikmati keteduhan dari deretan pohon Kenari yang hijau dan rindang. Sebab, memang awalnya, kebun raya merupakan bagian dari halaman istana.

Kendati sekarang, kedua tempat tersebut telah dipisahkan. Namun, para pengunjung masih tetap bisa melihat Istana Bogor meski tidak secara dekat.

Spot Edukasi

Disamping menambah pengetahuan dengan ribuan koleksi spesies tanaman tropis, kamu juga bisa menikmati sejumlah spot menarik lainnya.

Misalnya museum hewan, koleksi taman anggrek, pusat riset serta pengembangan biologi hingga istana kepresidenan.

Fasilitas

Tak hanya menyuguhkan aneka pengetahuan melalui ribuan koleksi tanaman maupun fauna. Di Kebun Raya Bogor kamu bisa menikmati aneka fasilitas di bawah ini.

Guest House Pinus

Disini kamu akan dibawa seolah kembali pada pelajaran biologi yang menyenangkan.

Guest house juga menyediakan aneka jasa ilmiah misalnya, identifikasi tanaman, herbarium, perpustakaan, hingga penyewaan gedung konservasi.

Jasa Pemandu Wisata

Tak perlu khawatir tersesat, kamu bisa memanfaatkan guide yang ada disini. Tak hanya dalam versi bahasa Indonesia saja, tapi juga mancanegara.

Mobil dan Sepeda Wisata

Di obyek wisata satu ini kamu juga bisa menggunakan layanan mobil wisata hingga sepeda untuk berkeliling. Dijamin nyaman dan tak capek berjalan kaki.

Masjid dan Musholla

Bagi yang muslim, tersedia tempat ibadah yang rapi dan nyaman. Tak perlu repot membawa alat ibadah, karena sudah disediakan.

Toilet umum

Untuk urusan satu ini tentunya kamu ga usah cemas. Disini toilet umum lengkap dengan kondisi bersih serta nyaman bisa kamu manfaatkan.

Baca juga: Taman Buah Mekarsari yang sangat menghibur dan edukatif bagi wisata keluarga.

Menarik bukan? Kamu perlu berkunjung langsung buat merasakan atmosfer Kebun Raya Bogor yang begitu mumpuni menghipnotis para pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *