Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Makalah merupakan karya illmiah yang lazim dibuat di kalangan akademik baik di kampus maupun sekolah.

Makalah dibuat berdasarkan penelitian, observasi lapangan, maupun dari kajian mendalam dari beberapa referensi buku, wawancara, dan lainnya.

Namun bagi beberapa orang masih bingung mengenai contoh makalah yang baik dan benar karena belum pernah membuatnya sebelumnya.

Pada dasarnya yang telah diulas dari Cryptowi.com, bahwasannya contoh makalah yang bisa dikatakan baik itu terdapat bagian-bagian sebagai berikut ini.

Unsur-Unsur dan Bagian dalam Sebuah Makalah

Beberapa orang mungkin masih ada yang membutuhkan contoh makalah yang baik dan benar serta keterangan mengenai bagian-bagiannya.

Hal itu disebabkan pemahaman mereka sedikit rancu mengenai paper dengan makalah.

Sebagaimana karya ilmiah pada umumnya, makalah juga mempunyai bagian serta unsur tertentu, diantaranya adalah:

  1. Cover berisi mengenai judul, logo, data penyusun atau penulis, nama instansi hingga tempat serta tahun pembuatan.
  2. Daftar isi berupa apa saja yang ada dalam makalah tersebut termasuk cover, bab demi bab dan bahkan sub bab juga disebutkan di bagian ini. Selain itu juga harus diberi keterangan halaman untuk setiap judul atau bab yang ada. Misalnya, bab I membahas mengenai pendahuluan berada di halaman 5 dan seterusnya.
  3. Kata pengantar merupakan bagian yang tidak cukup urgent karena ada makalah yang tidak harus memuatnya. Kata pengantar sendiri berupa sedikit pesan atau kesan penulis untuk makalahnya.
  4. Pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah atau topik yang akan dibahas, rumusan masalah, hingga tujuan dan manfaat hasil penelitian atau semacamnya.
  5. Pembahasan merupakan bagian yang sangat penting. Bagian ini biasanya akan terbagi menjadi beberapa sub bab lagi sesuai dengan kebutuhan dan rumusan masalah yang ditulis pada pendahuluan. Pembahasan sebaiknya dibuat dengan sangat medalam dan gamblang agar lebih jelas dan mudah dipahami pembaca dengan catatan harus sesuai dengan data yang ditemukan.
  6. Kesimpulan yang masih bagian inti dari makalah karena itu terkait dengan pembahasan.
  7. Daftar pustaka merupakan daftar bacaan baik itu buku, jurnal, dan karya ilmiah lain yang menjadi referensi makalah. Selain itu hasil interview, penelitian lapangan langsung, hingga data berupa rekaman video juga bisa masuk dalam daftar pustaka dan harus disertakan sumbernya secara jelas.

Contoh  Makalah yang Baik dan Benar Bagian Pembahasan

PEMBAHASAN

Manado Sebagai Kawasan Kota Maritim

Awal Kemunculan Budaya Maritim di Manado

Pada masa abad ke-17 muncul pendatang-pendatang baru lainnya dari luar yang terdiri dari pedagang-pedagang asing dan nelayan. Pendatang tersebut merupakan pendatang beretnis Arab, Tionghoa, Bugis, Ternate dan lain-lain. Hal tersebut menjadikan Manado semakin lebih heterogen sebagai kota pantai.

Orang Minahasa sendiri pada awalnya lebih memilih untuk bertempat tinggal di pedalaman daripada di wilayah pesisir. Hal tersebut dikarenakan takutnya akan ekspansi-ekspansi dari luar termasuk oleh adanya ancaman perompak Tang. Setelah Belanda mendirikan benteng Niew Amsterdam pada tahun 1703, secara bertahap orang Minahasa mulai mendekat ke wilayah pesisir dengan mengembangkan kebudayaan kelautannya. Ditempat-tempat baru tersebut mulai muncul profesi-profesi baru dari Orang Minahasa seperti nelayan, petani garam atau berbagai profesi lain yang terkait dengan kelautan.

Dengan semakin banyaknya orang Minahasa yang berkecimpung dengan kelautan perdaganganpun mengalami perkembangan. Terjalinnya hubungan kerja sama perdagangan menjadikan arus keluar masuknya nelayan semakin meningkat. Arus barang dan modal menjadi lebih luas dengan pusatnya di Manado tepatnya di Benteng Niew Amsterdam. Perputaran ekonomi juga berdampak pada meningkatnya jumlah penduduk yang ada di Manado. Buruh dan tukang semakin berdatangan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Belanda juga menciptakan iklim perdagangan yang menjadi minat dari pedagang Cina, Arab, Ternate, Sangir, Bugis, Gorontalo dan lain-lain. Dalam rangka kebutuhan pemerintahan, Belanda melakukan perekrutan terhadap pekerja-pekerja sipil dan prajurit yang akan digunakan untuk kebutuhan kemiliteran. Manado secara bertahap tumbuh menjadi kota pantai yang ramai dengan berbagai aktifitasnya.

Itulah setidaknya sedikit ulasan mengenai contoh makalah yang baik dan benar, semoga dapat bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *