Cara Menghemat Belanja Harian

Memiliki manajemen keuangan yang baik merupakan hal yang sangat penting. Terutama di saat perekonomian sedang buruk dan harga-harga kebutuhan pokok melambung, kita harus pandai-pandai mengatur belanja harian. Jangan sampai boros dalam berbelanja dengan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Hal ini perlu diketahui oleh para ibu-ibu rumah tangga atau anak kos yang harus mengatur keuangan mereka sendiri demi mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Mengutip dari bropulsa.com bahwa Dengan begitu, finansial akan lebih terjaga karena tidak akan ada yang tahu kondisi yang akan terjadi ke depannya.

Tips Menghemat Kebutuhan Belanja Sehari-Hari

Banyak orang yang sudah mencoba untuk berhemat, namun banyak pula yang gagal. Kenapa begitu? Karena mereka tidak punya sistem perencanaan keuangan yang matang.

Sehingga pengeluaran yang ada tetap membengkak dan akhirnya menguras sisi finansialnya. Lalu bagaimana tips berhemat yang baik dan benar?

1. Membuat Rencana Belanja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak orang gagal mengatur pengeluarannya karena tidak punya rencana pembelanjaan yang baik. Pertama, kita harus membuat daftar apa saja barang penting yang habis dan harus dibeli.

Prioritaskan kebutuhan pokok dan minimalisir barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Hal tersebut demi menekan pengeluaran sedikit mungkin agar keuangan kita tetap terjaga dan tidak terjadi pemborosan.

2. Belanja di Pasar Tradisional

Sekarang ini, sudah banyak pasar-pasar modern yang tersebar di berbagai wilayah. Dan kebanyakan dari kita pasti lebih suka berbelanja disana karena dianggap simple dan mudah. Namun jika kalian ingin berhemat, lebih disarankan untuk mulai berbelanja kebutuhan pokok di pasar tradisional saja.

Kenapa? Alasannya tentu dari segi harga, pasar tradisional akan memiliki barang dengan harga yang lebih murah. Karena jika di supermarket atau swalayan, biasanya harga barang sudah ditambah dengan pajak. Selain itu di pasar tradisional kita masih bisa tawar menawar untuk mendapatkan harga lebih murah lagi.

3. Membandingkan Harga Produk

Sebagai pembeli, kita tentu ingin mendapatkan barang dengan harga termurah. Maka dari itu, sebelum memutuskan membeli sesuatu, cobalah untuk membandingkan harga dari produk yang sama di penjual yang berbeda. Sebagai contoh kita akan mencari agen pulsa termurah di indonesia.

Cari mana yang sekiranya memiliki harga lebih murah. Meskipun perbedaannya sedikit, hal tersebut sudah sangat membantu dalam berhemat.

4. Cari Diskon

Siapa sih orang yang tidak suka dengan potongan harga? Biasanya diskon seperti ini seringkali kita dapatkan di supermarket atau minimarket.

Ketika ada potongan harga yang sekiranya cukup worth it, kalian harus memanfaatkannya dengan baik. Karena hal tersebut akan mengurangi pengeluaran kalian untuk pemenuhan kebutuhan pokok, apalagi pas akhir bulan.

5. Kurangi Kebutuhan Tidak Penting

Banyak orang gagal berhemat karena mereka tidak bisa memisahkan mana kebutuhan yang penting dan tidak penting. Kita harus bisa membedakan kebutuhan menjadi beberapa prioritas.

Kebutuhan pokok yang harus dipenuhi serta kebutuhan lain yang masih bisa diabaikan untuk sementara waktu. Contohnya saja seperti rokok, cemilan atau air mineral yang sebenarnya bisa kita masak sendiri.

6. Masak Sendiri

Banyak orang yang tidak mau repot dengan kegiatan memasak. Sehingga mereka sering membeli makanan siap saji karena dianggap lebih simple dan tidak ribet.

Namun jika dihitung, hal tersebut merupakan sebuah pemborosan. Lebih baik jika kita membeli bahan mentah kemudian memasaknya sendiri sesuai kebutuhan.

7. Masak Dengan Porsi Secukupnya

Masak sendiri memang sudah menjadi satu langkah baik untuk berhemat.

Namun akan lebih baik lagi jika kita memasak dengan porsi yang pas sesuai kebutuhan. Jangan memasak terlalu banyak karena hal tersebut akan menyia-nyiakan bahan baku yang kita miliki.

Itulah beberapa tips trik untuk berhemat dalam belanja kebutuhan pokok sehari-hari. Kita harus pandai dalam mengatur pengeluaran sebaik mungkin supaya keuangan tetap terjaga. Jangan sampai melakukan pemborosan dengan membeli barang-barang yang tidak kita perlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *