Sejarah Sepak Bola

Awal mula permainan sepak bola adalah berasal dari luar Indonesia. Permainan sepak bola mengalami perkembangan sedemikian rupa hingga karakteristik permainannya menjadi seperti sekarang.

Sejarah Sepak Bola Internasional

Sejarah sepak bola internasional dibagi menjadi 2, yaitu sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern. Berikut ulasannya sejarahnya :

Sejarah Sepak Bola Kuno

Sejarah sepak bola kuno dapat ditelusuri dari sebuah negara bernama China, lebih tepatnya pada masa Dinasti Han. Berlangsung antara abad kedua atau ketiga sebelum diterapkannya penanggalan Masehi. Pada saat itu, permainan sepak bola menggunakan bola kulit dan gawang yang berjaring kecil, sehingga untuk memasukkannya cukup sulit.

Nama permainan sepak bola pada zaman itu dinamakan “Tsu Chu”. Selain di China, olahraga sepak bola juga ditemukan di Jepang dengan nama “Kemari”. Kemari adalah permainan yang dilakukan dengan menggiring bola yang dibuat dari kulit kijang.

Olahraga yang sama juga ditemukan di daerah lain seperti Inggris, Amerika Utara, Romawi, dan Mesir Kuno. Kemudian, permainan sepak bola kuno berkembang menjadi permainan sepak bola modern.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sepak bola modern dimulai dengan dengan berdirinya sebuah organisasi perkumpulan sepak bola yang berpusat di Football Association Freemasons Tavern, London, Inggris.

Pada pertemuan tersebut ditetapkan sebuah peraturan tunggal permainan sepak bola, yang kemudian diikuti oleh asosiasi sepak bola dari Wales, Skotlandia, dan Irlandia. 

Kemudian Asosiasi-asosiasi tersebut mendirikan IFAB (International Football Association Board) sebagai perkumpulan yang lebih besar untuk mengelola peraturan sepak bola dunia.

Sepak bola semakin berkembang dan pada akhirnya didirikan FIFA (Federation International de Football Association) di Kota Paris, Prancis. Federasi ini dicetuskan pada tanggal 21 Mei 1904. Kompetisi sepak bola yang dibentuk pada saat itu masih tergolong sebagai olimpiade dengan keanggotaan yang terus bertambah. Karena perkembangan yang pesat, permainan sepak bola akhirnya sampai di wilayah Indonesia.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Permainan sepak bola di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kunjungan bangsa lain yang melakukan penjelajahan atau perdagangan. Permainan sepak bola pertama kalinya dikenalkan oleh China yang ingin menunjukan superioritas mereka agar tidak kalah dibandingkan negara-negara eropa lainnya.

Hal ini terbukti dari terbentuknya banyak perkumpulan yang didirikan, salah satunya adalah perkumpulan UMS Jakarta. Sepak bola Indonesia mengalami kemajuan yang hebat hingga dapat melaju pada kancah Piala Dunia pada tahun 1938.

Sebelum memasuki perhelatan piala dunia, Indonesia telah membentuk suatu asosiasi yang menaungi seluruh tim sepak bola yang ada di Indonesia, yaitu PSSI (Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia) pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Tokoh penting berdirinya PSSI adalah Soeratin Sosrosoegondo. Pada perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi Sepak Bola dalam negeri diantaranya dengan dibentuknya Liga Super Indonesia serta beberapa perkumpulan sepak bola lainnya.

Kemudian PSSI juga membentuk kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dengan kategori umur-umur tertentu (U-15, U-17, U-19, U-21, dan U-23). Dan pada akhirnya bermunculan klub-klub baru di Indonesia hingga saat ini.

Itulah sejarah singkat sepak bola di internasional dan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *