5 Cara Membersihkan Busi Motor yang Mudah Dilakukan

Busi merupakan salah satu bagian mesin yang mempunyai peran penting, pasalnya busi adalah sebuah komponen yang digunakan untuk memantik api agar terjadinya pembakaran di dalam ruang pembakaran mesin.

Jika percikan api yang dihasilkan oleh busi ini kecil, atau tidak menghasilkan percikan api sama sekali maka di dalam ruang pembakaran mesin tidak bekerja, al hasil mesin motor pun tidak akan hidup (mogok).

Kenapa tidak terjadi pembakaran? Karena busi yang digunakan oleh kendaraan tersebut sudah tidak layak digunakan.

Kasus seperti ini kerap dialami oleh setiap pemilik sepeda motor, lantas apa saja penyebab busi motor mati? Diantaranya seperti:

  • Busi sudah berumur
  • Busi Banjir
  • Busi kotor
  • Dan masih banyak lainnya

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa memeriksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau harus diganti dengan yang baru.

Lantas bagaimana mengetahui kelayakan pada busi motor? Kamu bisa membuka busi tersebut lalu dibersihkan hingga benar-benar bersih.

erikut 6 cara membersihkan busi motor yang versi Otomodiv yang perlu kamu ketahui.

1. Lepas Busi dari Head Mesin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas badan busi dari bagian head mesin. Untuk melepasnya, kamu bisa menggunakan kunci busi (ukurannya disesuaikan dengan jenis motor yang kamu miliki).

Sebelum melepas busi, diusahakan keadaan busi tersebut harus berada dalam suhu dingin.

Jika masih panas, alangkah baiknya busi tersebut jangan langsung dibuka, kenapa? Karena busi itu akan mengeras dan susah untuk dilepaskan dari kepala mesin.

2. Merendam Busi

Sesudah busi dilepas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah merendam busi didalam air bensin atau juga direndam dengan cairan pembersih seperti ‘Air Cleaner’.

Oh iya, untuk merendam busi nya jangan direndam secara keseluruhan, rendam bagian ujung busi nya saja di dalam tempat kecil yang berisikan bensin atau cairan pembersih.

Kenapa? Tujuannya ialah supaya kerak atau kotoran yang menempel dibagian ujung busi bisa gampang dibersihkan ketika menggunakan sikat atau alat pembersih lainnya.

3. Bersihkan Menggunakan Sikat

Untuk bagian ini, kamu memerlukan alat pembersih seperti sikat, entah itu menggunakan sikat kawat atau sikat gigi bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Kenapa harus menggunakan sikat? Supaya kotoran yang menempel dari sisa-sisa pembakaran dibagian ujung busi bisa mudah dihilangkan.

Sebenarnya selain menggunakan sikat masih ada alat lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan busi, misal seperti kain lap.

Tapi, jika busi tersebut dibersihkan menggunakan kain lap, kotoran tersebut akan susah dihilangkan dan akan membutuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkan kotoran yang ada dibagian ujung busi nya.

Maka dari itu, saya sarankan kepada teman-teman semua agar menggunakan sikat kawat atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan seluruh kotoran busi dengan cepat.

4. Menyetel Ulang Busi

Kenapa harus menyetel ulang busi? Tujuannya supaya busi tersebut bisa menghasilkan aliran listrik yang maksimal seperti baru, maka dari itu pentingnya menyetel busi setelah busi tersebut dibersihkan.

Untuk menyetel bagian celah busi nya, kamu memerlukan alat ukur ketebalan pada celah busi tersebut.

Jika kamu tidak mempunyai alat ukur nya, kamu bisa menggunakan obeng (-) sebagai alternatif pengganti Feeler Gauge (alat ukur penyetel celah busi).

 5. Pasang Busi kedalam Kepala Mesin dengan Benar

Setelah penyetelan penyetelan pada bagian celah busi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah memasang busi tersebut kebagian busi menggunakan kunci busi.

Dalam memasangnya, kamu harus benar-benar teliti, diusahakan jangan terlalu kencang ketika mengencangkan busi nya. Kenapa? Supaya ketika busi tersebut akan dilepas, kamu tidak merasa kesulitan.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan mengenai 5 cara membersihkan busi motor yang mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *