3 Penyebab Karburator Bermasalah Pada Motor

Setiap sepeda motor yang menggunakan sistem pengkabutan karburator jika tidak dirawat dengan benar, maka hal tersebut bisa menimbulkan permasalahan pada motor tersebut.

Jika hal itu terjadi, ada solusi yang mudah dilakukan untuk setiap orang. Bagaimana? kamu hanya datang ke bengkel terdekat untuk memperbaiki karburator yang bermasalah.

Namun bagaimana solusinya jika hal ini terjadi ketika motor tersebut tengah kamu gunakan dan posisinya jauh dari bengkel?

Sedangkan jika karburator motor bermasalah, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab motor mogok. Supaya kamu terhindar dari masalah ini, alangkah baiknya kamu harus mengetahui 3 penyebab karburator bermasalah dan cara menanganinya.

Berikut ulasan lengkap yang bisa kamu simak baik-baik.

Ciri Karburator Bermasalah

Berikut ciri karburator bermasalah yang sering ditemui disetiap kendaraan bermotor.

  • Jika mesin dihidupkan, keluar asap berwarna hitam dari bagian kenalpot
  • Mesin akan terasa brebet, baik itu di RPM yang rendah atau pun tinggi
  • Mesin motor bisa dihidupkan ketika gas motor ditarik
  • RPM pada idle mesin akan tersendat-sendat

Berikut masalah yang sering terjadi pada bagian karburator.

Setelan Kurang Tepat

Karburator sendiri mempunyai dua jenis baut penyetel. Diantaranya seperti baut pengatur gas dan baut pengatur untuk aliran bensin ketika mesin sedang idle.

Nah untuk baut pengatur gas ini mempunyai fungsi untuk mengontrol ketinggian gas ketika pedal gas tidak ditarik. Sedangkan untuk baut saluran bensin ini berfungsi untuk mengontrol besar kecilnya arus bensin ketika mesin sedang idle.

Kedua baud tersebut akan disetel untuk menemukan idle RPM yang tepat pada mesin motor. Oh iya, kamu tidak dapat menyetel salah satu baud tersebut, keduanya harus disetel dengan benar supaya bisa mendapatkan RPM yang tepat.

Terkadang masalah seperti ini jangan dimengerti oleh pemilik sepeda motor. Perlu kamu ketahui, setelan yang tidak tepat pada kedua baud tersebut bisa membuat campuran bensin tidak optimal yang nantinya bisa mengakibatkan mesin motor tidak akan bekerja dengan baik.

Maka dari itu, kedua baud penyekrub karburator ini harus disetel dengan benar.

Bensin Tidak Turun

Selain setelan karbu tidak tepat, masalah lainnya yang sering mengenai karburator adalah ‘Bensin Tidak Turun’ sehingga mesin motor akan susah untuk dihidupkan.

Apabila hal ini terjadi, maka yang harus kamu lakukan ialah memeriksa selang saluran bensin antara tangki dan karburator.

Biasanya, setiap sepeda motor yang menggunakan sistem pengkabutan karburator ini tidak mempunyai Fuel Pump, karena aliran bensin dari dalam tangki ini hanya memanfaatkan gaya gravitasi.

Perlu kamu ketahui jika sepeda motor didiamkan dalam kurun waktu yang sangat lama, umumnya akan bermasalah dikarenakan adanya udara (gas) yang terjebak didalam karburator. Hal ini bisa membuat saluran bensin tersumbat yang akhirnya mesin motor susah dihidupkan walaupun sudah disela-sela beberapa kali.

Nah jika kamu mendapati masalah seperti ini, solusinya ialah melepas selang bensin antara tangki dan karburator motor, kemudian diamkan selang tersebut sampai bensin itu benar-benar mengalir kembali seperti biasanya.

Mampetnya Main Jet Karburator

Masalah lainnya dalam karburator yang sering dirasakan oleh pemilik motor adalah ‘Main Jet Mampet’. Perlu diketahui, komponen ini mempunyai fungsi untuk mengalirkan dan mengkabutkan bensin sebelum masuk ke area pembakaran melalui intek manifold.

Lantas seperti apa yang harus dilakukan supaya main jet karburator tidak mampet? Solusinya ialah sering membersihkan karburator tersebut secara berkala, misalkan satu bulan sekali atau pun 3 minggu sekali. Untuk membersihkan karburator ini bisa dilakukan sesuai dengan penggunaan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *