buah naga untuk kehamilan

Sederet Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga untuk ibu hamil, bolehkah? 

Pertanyaan semacam itu barangkali pernah terlintas di pikiran. Banyak ibu hamil yang masih ragu bahkan takut mengonsumsi buah naga. Padahal, manfaat buah naga untuk ibu hamil tak perlu diragukan lagi. 

Berdasarkan informasi yang disebutkan di https://www.ruangmom.com/, konsumsi banyak sayur dan buah selama masa kehamilan sangat disarankan. Nah, salah satu buah yang baik untuk perkembangan janin adalah buah naga. Buah naga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B1 & B2, karbohidrat, serat, protein, antioksidan serta zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Melihat fakta-fakta itu, tidak mengherankan jika buah naga baik untuk menutrisi janin. Lantas apa saja khasiat buah istimewa ini? Mari simak sederet manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #1: Sumber Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C terutama untuk tumbuh kembang janin. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. 

Selain itu, nutrisi vitamin C juga berguna untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Meski buah naga berkhasiat sebagai sumber vitamin C, namun ibu tetap harus mengonsumsinya dengan bijak. 

Makanlah buah naga secukupnya. Sebab, kelebihan konsumsi vitamin C justru berpotensi meningkatkan risiko bayi lahir prematur. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #2: Redakan Konstipasi

Selain gejala morning sickness seperti mual dan muntah, keluhan lain yang kerap kali mengganggu ibu hamil adalah konstipasi. Nah, salah satu khasiat buah naga untuk ibu hamil yaitu dapat meredakan konstipasi. 

Kandungan 3 gram serat dalam tiap 100 gram buah naga mampu mencegah sembelit sekaligus meredakan keluhan konstipasi. Di samping itu, serat juga bermanfaat untuk membantu keluarkan racun dalam tubuh. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #3: Antioksidan

Manfaat buah naga bagi ibu hamil selanjutnya, yakni sebagai antioksidan alami. Antioksidan  berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker serta membantu perkembangan otak janin. 

Buah naga untuk ibu hamil juga berkhasiat sebagai pelindung dari zat karsinogenik yang dapat memicu kanker. Kandungan betakaroten dan likopen membantu menjaga kandungan dari paparan radikal bebas pula. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #4: Sumber Energi

Siapa bilang sumber energi berupa karbohidrat hanya bisa diperoleh dari nasi dan roti? 

Buah naga untuk ibu hamil juga berkhasiat sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat di dalamnya mampu menjadi tambahan energi bagi ibu hamil sehingga tidak mudah lelah. Karbohidrat juga berguna untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. 

Agar asupan karbohidrat terpenuhi selama masa kehamilan, ibu juga harus mengonsumsi makanan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi, roti, sereal dan sayur-sayuran.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #5: Sumber Zat Besi

Zat besi berperan penting untuk pertumbuhan janin. Oleh karena itu, ibu hamil mesti memenuhi kebutuhan zat besi. Konsumsi zat besi yang cukup, bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil. 

Selain itu, zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila ibu terindikasi kekurangan zat besi selama masa kehamilan, bayi akan berisiko lahir secara prematur dan berat badannya rendah. 

Asam Folat, Riboflavin dan Tiamin

Di samping serangkaian manfaat di atas, masih ada, lho deretan manfaat buah naga bagi ibu hamil yang tidak kalah penting. Kandungan asam folat dalam buah naga berfungsi untuk menjaga janin agar tetap kuat selama masa tumbuh kembangnya dalam kandungan. Dengan demikian, risiko keguguran akan lebih kecil.

Buah naga juga mengandung riboflavin yang berguna untuk membantu tubuh memproduksi tambahan energi. Janin dalam kandungan membutuhkan riboflavin ini untuk membantu pertumbuhan tulang, otot dan sel-sel sarafnya. Sementara zat tiamin diperlukan oleh janin untuk membantu perkembangan otak. 

Bagaimana dengan jus buah naga?

Buah naga memiliki bentuk yang unik dengan beragam jenis, seperti buah naga merah dan putih. Selain dimakan langsung, ibu juga bisa mengonsumsi buah naga dengan alternatif lain, misalnya diolah menjadi jus segar.

Mengonsumsi jus buah naga tidak kalah bernutrisi dengan mengonsumsi buah naga secara langsung. Di samping itu, ibu juga bisa mencampur buah naga dengan yoghurt, atau mencampurnya dengan buah-buah yang lain untuk dijadikan salad buah.

Beragam manfaat buah naga untuk ibu hamil di atas akan diperoleh apabila ibu mengonsumsi buah naga dengan porsi secukupnya. Ibu tidak dianjurkan untuk memakan buah naga terlalu berlebihan karena justru akan berisiko bagi kesehatan janin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *