Cara Membuat Aplikasi Android di PC

Semua pasti tau kan yah bahwa HP Android saat ini marak dibicarakan oleh orang lain. Hampir dari seluruh kalangan, mulai dari para pelajar, mahasiswa, orangtua, pebisnis, pekerja, dan tokoh agama pun mempunyai HP yang menggunakan OS Android.

Di sini, kuoatabro akan mengulas mengenai cara membuat aplikasi Android di PC. Mungkin, ada sebagian dari anak-anak muda yang penasaran seperti apa proses dan cara pembuatan aplikasi tersebut.

Nah, maka dari itu, jangan dulu kemana-mana, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Keuntungan Membuat Aplikasi Android

Nah, aplikasi yang saat ini kamu pakai itu tidak akan ada dengan sendirinya, melainkan aplikasi-aplikasi yang ada di HP Android itu dibuat oleh seseorang yang berprofesi Android Developer.

Mereka bekerja di perusahaan Android bertujuan untuk membuat aplikasi Android dengan berbagai macam jenis dan juga bentuk dari aplikasi tersebut.

Masing-masing dari aplikasi yang mereka buat pasti akan sudah melalui proses riview terlebih dulu, apakah aplikasi tersebut bermanfaat atau tidak. Jika bermanfaat, maka para Android Developer ini akan membuatnya.

Tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang saat ini sedang membaca artikel dari kami dapat menjadi seseorang pembuat aplikasi di HP Android. Kenapa saya bisa menyebutkan seperti itu? Karena dalam membuat sebuah aplikasi itu membutuhkan skill dan pengetahuan yang tinggi.

Keuntungan dari membuat aplikasi Android ini bisa dilihat dari seberapa banyak penghasilan yang diraih dari seorang Android Developer. Katakanlah untuk seseorang yang membuat aplikasi sederhana, mereka bisa mendapatkan penghasilan seminimal mungkin sebesar 2 juta.

Nah, kamu pun pasti ingin mendapatkan keuntungan seperti mereka bukan? Namun, untuk membuat aplikasi Android itu tidak semudah seperti membalikan kedua telapak tangan, terlebih bagi kamu yang belum mempunyai dasaran pengetahuan di bidang ini.

Tapi jangan khawatir, di sini saya akan membahas tentang apa saja yang harus kamu lakukan untuk dapat menciptakan aplikasi di HP Android.

Pertama-tama kamu harus bisa menguasai ini.

Menguasai Bahasa Pemrograman Java Script

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, mempelajari semua bahasa pemrograman sampai benar-benar menguasainya. Setidaknya jika kamu belum benar-benar menguasai bahasa pemrograman tersebut, paling tidak kamu telah memahami apa itu Java.

Kenapa? Karena semua aplikasi yang ingin kamu buat untuk melengkapi isi dari HP Android itu, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Jadi pahamkan, kenapa kamu harus menguasai bahasa pemrograman Java?

Lalu, apa langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan? Simak terus artikel di bawah ini.

Install Software untuk Membuat Aplikasi Android

Aplikasi yang ada pada HP Android ini tidak dibuat begitu saja, melainkan dibuat melalui software atau lebih dikenal sebagai program. Kamu dapat memanfaatkan Android Studio atau Eclipse untuk membuat aplikasi di Android.

Tapi, perlu kamu ketahui dari kedua jenis software tersebut mempunyai kapasitas yang besar sehingga sangat berat apabila digunakan pada komputer. Jadi jika kamu membuka salah satu dari software tersebut, jangan heran apabila komputer yang kamu miliki mendadak lambat.

Oleh karena itu, untuk menginstall software tersebut, kamu harus mempunyai komputer yang spesifikasinya tinggi supaya ketika menggunakan kedua software ini, komputer yang kamu miliki tidak ngelag.

Berikut Spesifikasi komputer yang harus sesuai dengan kriteria software pembuat aplikasi Android.

Minimal Spesifikasi Komputer

Nah, bagi kamu yang ingin membuat aplikasi Android namun hanya memiliki notebook, jangan berharap bahwa gadget yang kamu miliki bisa memasang kedua software di atas. Kenapa? Pasalnya, kapasitas dari notebook sendiri sangat minim, jadi tidak bisa di install aplikasi berat.

Oleh karena itu, kamu harus mempunyai komputer dengan minimal processornya core i3 dengan kapasitas RAM minimal 2GB. Dengan RAM 2GB, kamu bisa menginstall aplikasi Eclipse.

Jika ternyata komputer atau laptop kamu sudah menggunakan RAM dengan kapasitas 4GB, maka kamu dapat menginstall Android Studio.

Cara Membuat Aplikasi Android di PC

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam membuat Aplikasi Android di PC:

  1. Install Android Studio atau pun Eclipse.
  2. Install JRE & JDK.
  3. Install SDK Android.
  4. Proses pembuatan.
  5. Selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *