cara menggunakan aplikasi mendeley
cara menggunakan aplikasi mendeley

Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley

Membuat daftar referensi untuk sebuah karya ilmiah memang tidak semudah apa yang kita bayangkan. Sementara, untuk pembuatan daftar referensi sendiri adalah hal yang sangat penting dalam karya tulis ilmiah.

Maka dari itu, jangan merasa aneh apabila masih banyak orang yang mengandalkan sebuah aplikasi yang bisa membantu untuk menyelesaikan daftar referensi. Ada salah satu aplikasi yang bisa membuat daftar ilmiah yang bisa kamu manfaatkan, yaitu Mendeley.

Tapi, diantara teman-teman apakah ada yang mengetahui apa Mendeley itu? Dan bagaimana cara mengoperasikannya? Nah, saya yakin masih ada diantara kamu semua yang belum mengetahui apa itu Mendeley dan bagaimana cara menggunakannya.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai benar-benar tuntas. 

Pertama-tama saya akan mengulas ini terlebih dahulu…

Jangan lupa, baca juga situs Kuotabro.com untuk mengetahui informasi terbaru soal dunia tekno.

1. Apa itu Mendeley?

Mendeley adalah suatu aplikasi yang dibuat untuk membantu teman-teman dalam membuat daftar referensi yang bersifat Open Source. Selain itu, aplikasi ini bisa di download secara gratis.

Apakah aplikasi ini bisa support pada semua platform? Tidak, ada beberapa platform yang support dengan aplikasi Mendeley, yaitu seperti Linux, Mac OS dan juga Windows. Tapi, seiring perkembangan zaman, aplikasi ini bisa dioperasikan pada HP.

Oh iya, aplikasi ini mempunyai dua tipe versi, yaitu Website dan Dekstop. Lalu, apakah penggunaan aplikasi ini tetap sama atau ada sedikit perbadaan? Tentu saja tetap sama, karena Mendeley sendiri memberi kewajiban untuk para user agar mendaftar pada platformnya.

Bukan hanya itu saja, melainkan di dalam aplikasi ini mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:

  • Live Full Text Search yang memiliki fungsi untuk mengatur referensi dengan baik di dalam kertas. Nah, untuk penggunaan fitur sendiri ini, para user bisa memasukkan kata frasa untuk memulai pencarian referensi.
  • Bisa memperlihatkan metadata dari berbagai file yang berjenis PDF secara otomatis.
  • Terdapat Highlighting dan PDF viewer.
  • Bisa import dokumen dari website luar. Misal sebagai contohnya seperti Google Scholar, PubMed, dan masih banyak lagi.
  • Dapat berbagi ke berbagai sosial media.
  • Terintegrasi dengan software pengolah kata, misal seperti Liber Office, Ms. Word, dan Open Office.

2. Cara Menggunakan Mendeley

Sesudah mengetahui apa itu aplikasi Mendeley, alangkah baiknya kamu pun harus mengetahui seperti apa cara menggunakan aplikasi ini dengan benar. Tapi, kita harus belajar menginstall aplikasi ini terlebih dulu, menurut dari tipe siste operasi yang ada di perangkat laptop atau PC yang kamu miliki.


Sebenarnya, untuk cara menginstall aplikasi Mendeley ini bisa dikatakan cukup mudah, tapi ada juga beberapa user baru yang masih merasa kebingungan dalam menginstall aplikasi ini di perangkat mereka.

Jangan khawatir, berikut ini ada tutorial lengkap yang bisa kamu pelajari dan praktekkan.

  • Download aplikasi Mendeley di Website resminya.
  • Download yang sesuai dengan spesifikasi dari aplikasinya.
  • Setelah berhasil mendownload, buka terminal dan mulai ketik $ sudo dpkg-l <nama file> kemudian tekan tombol enter.
  • Apabila sudah selesai mendownload, disitu akan terlihat tampilan yang mewajibkan para user untuk masuk ke bagian akun aplikasi ini.
  • Tapi, apabila kamu belum mempunyai akun Mendeley, kamu harus masuk ke form Register untuk membuat akun baru.
  • Selesaikan pendaftaran Mendeley dan mulai masuk ke form “Sign In”.
  • Setelah login, para user akan ditunjukkan pada Dashboard Mendeley.
  • Nah, untuk instalasi aplikasi ini, kamu bisa mendownload aplikasi installer dari website resminya. Lalu, jalankan seperti menginstall aplikasi seperti biasa.
  • Sebelum menggunakan aplikasi ini, Mendeley harus terintegrasi dengan MS. Word atau aplikasi lainnya yang ada kaitannya dengan pengolahan kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *