overhead crane

Perbedaan Overhead dan Hoist Crane

Dalam industri alat berat tentu kita sudah  mengenal berbagai macam crane yang digunakan seperti overhead crane dan hoist crane, namun terkadang masih banyak orang yang susah dalam mengerti perbedaan dari overhead crane dengan hoist crane. Crane sendiri merupakan suatu alat berat yang digunakan untuk mengangkat maupun memindahkan suatu barang yang berat yang biasa digunakan dalam proyek konstruksi, industri, pelabuhan, bengkel, maupun gudang. 

Pada kali ini, kami akan membahas secara detail terkait 2 jenis crane yang wajib untuk anda ketahui yaitu overhead crane dengan hoist crane. Secara umum, hoist merupakan jenis crane yang berfungsi untuk mengangkat beban secara tegak lurus (vertikal) dan memiliki banyak sistem seperti gantry crane, overhead crane, hingga monorail. Berikut penjelasan terkait perbedaan overhead crane dengan hoist crane (Baca Juga: Jenis Hoist Crane)

Overhead crane

Overhead crane atau crane bridge adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu mengangkat berbagai benda berat yang tidak akan mampu diangkat oleh manusia biasa. Overhead crane ini sendiri memiliki kaki yang menopang di atas rail yang berada di permukaan tanah. Overhead crane ini sendiri adalah gabungan dari pengangkat yang terpisah dan biasanya digunakan pada lingkungan industri. 

Jika anda menimba suatu air di sumur, anda membutuhkan sebuah kerekan yang berbentuk roda berputar untuk mempermudah mengangkat timba berisi air yang berat, hal ini merupakan sebuah sistem hoist. Dan untuk mengetahui perbedaan dari hoist dan overhead crane maka simak penjelasan lebih lanjut.

Hoist crane

Hoist crane merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengangkat benda secara vertikal dan diangkat menggunakan mesin hoist lalu dipindahkan secara horizontal. Dan hoist crane ini merupakan sebuah alat yang tidak dapat dipisahkan karena crane memiliki sifat custom dan anda harus menghubungi ahlinya agar mendapatkan crane yang kuat dan kokoh. Hoist merupakan sebuah alat kerek untuk mengangkat dan menurunkan barang dari atas ke bawah dan perbedaan fungsinya dengan overhead adalah overhead digunakan untuk mengangkut hoist yang merupakan sebuah alat yang penting untuk dapat memindahkan barang berat tersebut. 

Untuk mengetahui perbedaan lebih lanjut terdapat perbedaan dari komponen yang dimiliki oleh hoist crane dengan overhead crane

Komponen utama hoist 

  1. Electric hoist : sebagai pengatur gerakan hoist
  2. Motor listrik : sebagai penggerak hoist dan crane
  3. Chain : sebagai pemutar katrol
  4. Rem motor : menahan laju motor
  5. Tali kawat baja : mengangkat beban
  6. Drum : untuk lilitan kawat baja
  7. Rem drum : menahan laju drum
  8. Pengarah tali : untuk mengatur gerak tali kawat baja

Komponen utama Overhead crane

  1. Runway rail : sebagai jalan crane maju mundur
  2. Drum : menggulung tali baja untuk penggerak daya
  3. Jembatan palang : lintasan crane
  4. Motor penggerak roda : menggerakkan roda untuk bergerak maju mundur
  5. Roda penggerak : sebagai roda dari crane
  6. Motor penggerak : menaikkan dan menurunkan benda pada pengait
  7. Tali baja : sebagai perabot dari alat pengangkat
  8. Puli : digunakan untuk penuntun yang mengubah arah dari alat
  9. Pengait : digunakan sebagai rantai tali yang menghubungkan dengan kait

Dari penjelasan diatas dapat dilihat bahwa terdapat banyak perbedaan dari komponen overhead dan hoist crane, namun jika diamati lebih dalam bahwa overhead crane merupakan sebuah bagian dari hoist crane yang tidak dapat dipisahkan karena komponen yang digunakan dari semua crane tersebut saling berkaitan satu sama lain dan digunakan secara selaras.

Referensi: https://wira.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *