Pengertian-Renang

Pengertian Renang dan Manfaatnya

Siapa sih yang tidak tahu tentang olahraga renang? Selain menyehatkan, olahraga satu ini juga banyak diminati oleh hampir sebagian besar.

Bagi Anda yang menyukai olahraga renang, wajib untuk mengetahui pengertian renang dan manfaatnya pada ulasan berikut ini.

Pengertian Renang

Pengertian renang sendiri  merupakan sebuah olahraga di dalam air yang melombakan kecepatan dengan menggunakan gaya bebad, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan juga gaya data.

Para perenang dapat memenangkan sebuah kompetisi yang mana mereka bisa menyelesaikan jarak lintasan yang telah cepat.

Pemenang babak penyisihan akan maju ke babak semifinal dan dilanjutkan ke final.

Bersama dengan cabang olahraga loncat indah, renang ditetapman oleh. Adanya dunia bernama Federasi Renang Internasional ( FINA) sudah menentukan beberapa ketentuan dalam olahraga satu ini. Renang juga sering diperlombakan dalam ajang kompetensi olahraga tingkat nasional.

Manfaat Renang

Setelah mengetahui mengenai apa itu pengertian renang, sekarang waktunya kita buat mengetahui mengenai apa saja sih manfaat Renang.

Olahraga satu ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Berikut ini penjelasannya:

1. Melatih pernafasan

Selain lari, renang menjadi salah satu alternatif terbaik dalam melatih pernafasan Anda.

Dengan rutin melatih pernafasan maka akan membuat Anda bisa terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan misalnya saja asma dan sebagainya.

Selain itu, hal ini juga akan membuat Anda bisa mempunyai sistem pernafasan yang lebih sehat dan panjang.

2. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang pengen diet, sebaiknya lakukan deh olahraga berenang. Olahraga satu ini bisa membuat kalori dan lemak di dalam tubuh terbakar secara maksimal.

Dengan begitu, berat badan akan turun dengan cepat, sehat, dan alami. Kulit juga tidak akan kendor loh jika Anda rutin melakukan olahraga ini.

3. Menambah tinggi badan

Pada masa pertumbuhan, pertambahan tinggi badan memamg menjadi salah satu hal yang harusnya terjadi. Salah satu olahraga yang bisa menambah tinggi badan adalah renang.

Bagaimana tidak, pada saat berenang maka semua otot di dalam tubuh akan tertarik dan bisa menyebabkan terjadinya pertambahan panjang pada bagian tubuh terutama pada kaki

4. Kesehatan tulang

Tulang menjadi salah satu bagian penting dalam tubuh. Tulang memilki peranan yang sangat banyak salah satunya menyusun postur tubuh manusia.

Jika Anda rajin melakukan olahraga renang, maka Anda akan bisa mendapatkan postur tubuh yang bagus dan ideal.

Selain itu, tulang juga akan menjadi kuat dan masa otot juga akan bertambah.

Renang juga bisa berperan dalam meminimalkan terjadi berbagai macam gangguan penyakit yang menyerang tulang dan persendian. Jadi, pada saat tua nanti Anda bisa terbebas dari gangguan encok atau masalah tulang lainnya.

5. Membuat kulit jadi lebih halus

Siapa sih yang menyangka jika renang ternyata bagus untuk menjaga kesehatan kulit? Iya memang benar sekali.

Ketika Anda berenang secara otomatis kulit Anda akan menjadi lebih kencang dan aliran oksigen di dalam kulit akan sangat lancar.

Selain itu, renang akan membuat muka nampak fresh, bersih, cerah dan bersinar. Selain itu, juga bisa meminimalkan tanda – tanda penuaan dini.

Renang memang menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan dan kaya akan manfaat. Tidak ada salahnya kita memulai aktivitas pagi dengan berenang. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya secara rutin demi merasakan semua manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *