Tips-Memulai-Usaha-Bengkel-Motor

Tips Memulai Usaha Bengkel Motor

Tips memulai usaha bengkel motor adalah teknik yang bisa mempercepat usaha mendapatkan pelanggan.

Sehingga, pihak pengusaha tidak perlu terlalu lama menunggu balik modal atau mendapatkan laba yang diinginkan. Sayangnya tidak semua pengusaha bengkel mengetahui tips apa saja yang dimaksud.

Sehingga, usaha memang berdiri, tetapi untuk mendapatkan pelanggan sangat sulit, keuntungan yang diidam-idamkan juga tidak kunjung didapat.

Tips Memulai Usaha Bengkel Sepeda Motor

Untuk Anda yang ingin membuka usaha bengkel tetapi tidak mengetahui tips memulai usaha bengkel sepeda motor, maka bisa dipastikan baru pertama membuka sudah bosan. Bahkan di bulan pertama sekalipun, keuntungan tetap sangat minus.

Oleh sebab itu, silakan terapkan tips bisnis berikut yang bisa membuat usaha bengkel ramai dengan pelanggan.

1. Membangun Usaha di Tempat Keramaian

Tips untuk memulai usaha bengkel motor yang pertama adalah membangun usaha di tempat keramaian. Paling tidak bengkel didirikan di pinggir jalan protokol yang banyak kendaraan lalu lalang atau mudah dijumpai oleh pengendara bermotor..

Apabila bengkel dibangun di lokasi semacam ini, tentu warga yang melihatnya jauh lebih banyak dibandingkan jika usaha ada di dalam perkampungan.

Bahkan, jika pengendara ada masalah dengan kendaraannya ketika melewati jalan tersebut, bisa langsung membawanya ke bengkel karena lokasinya dekat.

Oleh sebab itu, jika ingin membuka usaha bengkel yang laris manis, survey dulu lokasi yang paling tepat.

Jangan asal menyewa tanah jika tempatnya tidak strategis karena yang rugi adalah pengusaha sendiri sekalipun tanah yang disewakan berharga murah.

2. Mengajak Teknisi Bersertifikasi

Jika ingin membuka usaha bengkel sepeda motor, pastikan pilih pekerja atau teknisi yang bersertifikat.

Jika perlu, cantumkan persyaratan sertifikasi training skill otomotif untuk para pelamar kerja yang dibutuhkan.

Keberadaan teknisi yang bersertifikat bisa menjadi testimoni tersendiri yang membuat bengkel akan dibanjiri pelanggan.

Apalagi, jika hasil kerjanya memang bagus tentu para pelanggan lebih tertarik lagi untuk membawa kendaraannya ke bengkel tersebut.

3. Membuka Usaha Spare Part dan Onderdil

Jika ingin usaha bengkel sepeda motor cepat sukses, jangan hanya menyediakan jasa perbaikan saja, tetapi juga membuka toko onderdil dan spare part.

Sehingga ketika ada masalah yang membutuhkan penggantian perangkat bisa diatasi saat itu juga.

Ini terkadang yang menjadi alasan warga malas untuk membawa sepeda motor ke bengkel. Hal ini karena ada penggantian alat harus membeli ke toko lain akan merepotkan. Makanya, mereka lebih suka membawa sepeda motor ke bengkel yang sekaligus ada tokonya.

4. Lakukan Survey Harga

Tips yang berikutnya yang telah kami dapatkan dari Bisabisnis.id adalah lakukan survey harga terlebih dahulu untuk menilai bengkel mana yang harga service-nya lebih tinggi dan yang paling rendah.

Setelah itu, silakan buka usaha bengkel dengan mencari tarif standar di antara dua harga tersebut.

Ini perlu dilakukan karena menjadi pengusaha bengkel adalah usaha kreatif yang tarif harganya bisa tidak sama dengan bengkel yang lain.

Jadi, tidak masalah mengambil tarif harga sesuai keinginan yang terpenting harus sesuai dengan kualitas perbaikan.

Toh jika memang service bermutu, warga tetap bersedia membayar sekalipun mahal. Apalagi, jika disertai dengan penggantian alat, biayanya pasti lebih tinggi.

Sebab, alat untuk otomotif memang dikenal sangat mahal terutama spare part yang original.

5. Pelanggan Mendapatkan Pelayanan yang Cepat

Terkadang sepeda motor yang rusak adalah sarana yang memang dibutuhkan oleh penggunanya. Baik untuk berjualan, dibawa anak sekolah atau untuk pergi ke kantor.

Maka dari itu, pihak bengkel harus memperbaikinya dengan cepat agar kendaraan bisa segera dikendarai.

Karena itu, jangan biarkan pelanggan menunggu. Usahakan sekali sepeda motor masuk ke bengkel, maka segera lakukan perbaikan.

Salah satu tipsnya adalah dengan menambah jumlah pekerja jika dirasa sudah kelimpungan dengan permintaan pelanggan.

Nah, jika Anda membuka usaha dengan menggunakan tips memulai usaha bengkel motor di atas tentu pelanggan yang datang tidak akan pernah berkurang. Mereka akan terus bermitra bahkan ikut memasarkan usaha kepada kerabat maupun keluarganya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *