Tips Mengamankan Website WordPress

WordPress merupakan software CMS ataupun blogging yang populer di seluruh dunia.

Hal ini membuat banyak orang menggunakannya sebagai kebutuhan untuk membangun website.

Namun, banyaknya pengguna ini menjadi peluang bagi para hacker dalam melakukan pencurian data ataupun sebagainya. Anda bisa menggunakan tips mengamankan website WordPress agar terhindar dari masalah tersebut.

Tips Mengamankan Website WordPress Dengan Mudah

Mulai dari penggunaan plugin yang berbasis security hingga penerapan two step verification sebagai standar keamanan yang cukup tinggi. S

elain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem login captcha untuk menghindari masalah spamming. Di bawah tips yang bisa diterapkan untuk mengamankan website WordPress.

1. Plugin Wordfence Security

Wordfence Security merupakan plugin terbaik yang mampu membuat website pengguna 50 kali lebih aman dan cepat.

Plugin keamanan ini melakukan deep server side scan pada sumber kode yang dimiliki, lalu menyamakannya dengan Official WordPress repository. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari plugin, yaitu bisa digunakan secara gratis.

2. 2-Factor Authentication

2FA atau Two Step Verification ini adalah lapisan keamanan tambahan yang sering disebut dengan otentikasi multi faktor. Hal ini mengingat standar keamanan daring yang hanya membutuhkan nama dan password sebagai upaya untuk masuk ke situs tertentu. Tentunya penggunaan ini membuat cyber criminal sulit untuk melakukan akses data terhadap pengguna dikarenakan minimnya informasi tambahan.

3. Web Hosting yang Tepat

Terdapat banyak layanan web hosting yang menawarkan harga paket murah. Namun, Anda perlu melakukan penyelidikan apakah spesifikasi paket web hosting yang dipilih memiliki keamanan yang sangat baik. Pemilihan layanan web hosting yang tepat akan menawarkan pengguna dengan sistem keamanan ekstra agar server terhindar dari segala ancaman.

4. WordPress Tetap Update

Sebagai platform open source, Anda harus melakukan pembaruan secara berkala agar WordPress mendapatkan perbaikan terbaru. Pada proses pembaruan ini sangat penting untuk dilakukan dikarenakan terdapat berbagai macam keamanan serta skalabilitas untuk mengoptimalkan website yang Anda bangun.

5. Plugin WP Security Audit Log

WP Security Audit Log merupakan plugin yang mampu menjaga keamanan pada sistem log agar terhindar dari serangan yang tidak diinginkan. Pengguna akan diberikan informasi mengenai tracking yang dilakukan oleh user ketika melakukan penjelajahan ke situs website. Hal ini tentunya membuat Anda lebih mudah dalam melakukan monitoring terhadap tindakan user yang mencurigakan.

6. Perjelas Pengaturan Role Pada Use

Tips mengamankan website WordPress berikutnya adalah memperjelas pengaturan role pada use. Umumnya, WordPress memberikan lima role yang bisa digunakan oleh pemilik website. Mulai dari Adiminstrator, Editor, Author, Contributor, dan Subscriber. Tentunya, sebelum membagikan akses ini Anda perlu mengaktifkan plugin User Role Editor terlebih dahulu.

7. Menonaktifkan PHP File Execution

Menonaktifkan PHP file Execution menjadi tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam mengamankan website WordPress. Anda bisa melakukannya dengan cara membuka PHP file execution yang ada di dalam directories, kemudian nonaktifkan kode “/wp-content/uploads/”.

8. Backup Website

Meski sudah dilengkapi dengan banyak sistem keamanan, Anda perlu melakukan backup terhadap website secara berkala agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan hacking selalu memiliki cara untuk mencari celah yang ada di dalam sistem keamanan website Anda. Selain itu, terdapat beberapa plugin yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan backup.

9. Membatasi Login Attempts

Jika Anda menggunakan pengaturan default dari WordPress, maka proses login yang dilakukan oleh user tidak dibatasi dengan login attempts. Hal ini menjadi peluang untuk para hacker dalam melakukan brute-force attack. Tentunya Anda dapat mengatasinya secara mudah dengan aplikasi web firewall agar pengguna memiliki batasan jika memasukkan username dan password yang salah.

10. Menggunakan Security Feature dari Jetpack

Tips berikutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan Security Feature dari pengembang Jetpack. Tools ini menawarkan pengguna dengan pembatasan ketat terhadap upaya login yang mencurigakan dari user. Selain itu, Anda bisa mendapatkan tools ini melalui laman WordPress.

11. Lindungi Direktori wp-admin

Meski area direktori wp-admin sudah dilindungi dengan kata sandi, Anda bisa memberikan proteksi tambahan agar lebih aman. Pada proses ini bisa dilakukan pada dashboard hosting cPanel, lalu memilih ikon “Password Protect Directories”. Jika memiliki panel yang berbeda, maka Anda bisa menanyakannya dengan customer support web hosting mengenai cara melindungi direktori wp-admin.

12. Batasi Akses Login dengan Captcha

Tips terkahir yang bisa Anda lakukan adalah membatasi akses login dengan sistem captcha. Penggunaan ini bertujuan agar website terlindungi dari upaya masuk mesin yang ingin melakukan spamming. Tentunya penggunaan ini sangat efektif mengingat mesin tidak bisa menerjemahkan bahasa yang ada di dalam kolom tersebut. Anda bisa mendapatkan tools ini melalui plugin Login No Captcha reCAPTCHA.

Adanya tips mengamankan website WordPress penting untuk diterapkan agar situs Anda terhindar dari segala ancaman yang bisa merugikan. Hal ini mengingat tindak kejahatan cyber crime yang mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Selain itu, tips ini juga sangat mudah untuk digunakan karena memiliki bentuk plugin. Anda cukup melakukan instalasi melalui laman WordPress Plugin Directory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *