Cara Download File di Google Drive

Salah satu platform keluaran Google yang banyak digunakan adalah Google Drive. Selain untuk melakukan back up, aplikasi ini juga seringkali digunakan sebagai media download file. Bagi Anda yang masih bingung cara download file di Google Drive, berikut ulasan lengkapnya.

Google Drive sendiri mendukung berbagai jenis file yang bisa didownload. Baik berupa video, dokumen word, excel, pdf, dan lain-lain.

Cara Download File di Google Drive

Mengunduh file di platform Google Drive ternyata tidak sulit. Mungkin awalnya Anda sedikit bingung ketika link download diarahkan menuju platform ini. Padahal untuk mengunduhnya tidak banyak langkah yang dilakukan. Berikut cara-cara yang bisa diikuti untuk download file di Google Drive:

1. Menggunakan PC/Laptop

  • Pastikan link download melalui Google Drive sudah tersedia.
  • Setelah itu, klik ikon panah ke bawah untuk mulai download.
  • Apabila ukuran file masih di bawah 100 MB, file bisa langsung diunduh. Jika ternyata lebih dari 100 MB, pengguna akan diarahkan ke tab atau halaman baru.
  • Setelah halaman baru terbuka, klik opsi Tetap Download.
  • Tunggu sampai proses download file selesai.

Cara mengunduh file di Google Drive di atas sangat mudah, bukan? Bagi Anda yang menggunakan komputer atau laptop, bisa mengikuti langkah-langkah simple di atas. Navigasi  Google Drive pada dasarnya memang cukup user friendly, sehingga mudah dipahami di desktop.

2. Menggunakan Smartphone

Cara mengunduh file di Google Drive selanjutnya adalah menggunakan smartphone Android. Caranya memang tidak jauh berbeda dengan menggunakan komputer atau laptop. Anda bisa menggunakan browser andalan untuk memulai proses download.

Browser apa saja bisa digunakan untuk cara ini, misalnya Google Chrome, UC Browser, Opera, maupun browser bawaan dari smartphone. Hal penting yang perlu diingat adalah menyiapkan link download file di Google Drive terlebih dahulu. Ikuti langkah berikut:

  • Pastikan browser sudah login ke akun Google yang dimiliki dan terhubung di Google Drive.
  • Setelah link download terbuka,  pilih tanda titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, klik Download untuk mulai mengunduh file.

Namun, pengguna tetap bisa mendownload file dari Google Drive, meskipun belum login akun Google. Caranya adalah dengan memilih ikon panah ke bawah atau opsi download. Setelah itu, tunggu sampai proses unduhan selesai.

3. Menggunakan IDM (Internet Download Manager)

Bagi yang sering mendownload file, mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi IDM, yang merupakan aplikasi untuk mengunduh berbagai file dengan kecepatan lebih baik. Banyak pengguna internet yang menginstall IDM untuk mendownload file yang diinginkan.

Namun, proses download file dari Google Drive kerap kali bermasalah jika menggunakan IDM. Apabila Anda menjadi salah satu yang mengalaminya, terdapat solusi praktis yang dapat dilakukan. Proses download menggunakan IDM ini pada dasarnya masih mirip dengan cara di atas.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka link download melalui browser. Setelah terbuka, klik ikon panah ke bawah. Notifikasi dari IDM pun akan muncul, selanjutnya tinggal klik Start Download. Anda tinggal menunggu proses download sampai selesai.

Biasanya mendownload dengan IDM cenderung lebih cepat. Cara ini cocok bagi Anda yang senang mendownload file berukuran besar. Selain itu, tentunya proses download lebih stabil dengan aplikasi downloader seperti pada IDM.

Baca juga: Ukuran Foto 6r

Cara download file di Google Drive memang sangat mudah. Anda bisa menyesuaikannya dengan perangkat yang digunakan. Baik menggunakan smartphone maupun komputer, cara yang dilakukan memang tidak jauh berbeda. Begitu pula ketika Anda memanfaatkan IDM untuk mendownload.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *