Cara Mengubah DOC Ke PDF

Sebagai seorang mahasiswa, pelajar atau pekerja kantoran tentunya seringkali berurusan dengan file-file berbagai format, salah satunya berformat doc. File format doc adalah file yang dibuat di software Microsoft Word, biasanya file tersebut digunakan ketika seseorang baru menuliskan ide konten untuk diajukan kepada orang lain agar mendapatkan masukan.

ketika masukan telah selesai dan file sudah dianggap jadi maka file doc akan diubah menjadi PDF. Kamu pasti penasaran kenapa diubah menjadi PDF? Emang apa bedanya dengan file doc? Pertimbangannya adalah di file PDF lebih mudah dibaca dan penerima juga akan lebih sulit untuk mengedit file tersebut dibandingkan ketika masih menjadi format doc.

Selain itu ada kelebihan lain dari file PDF, salah satunya adalah kita dapat melakukan translate file PDF ke bahasa lain, caranya pun sangat mudah. Nah sudah paham mengapa file doc harus diubah menjadi file PDF? Kalau sudah paham kita lanjutkan belajar cara mengubah file doc menjadi PDF baik online maupun offline.

1. Merubah file DOC ke PDF Melalui Microsoft Word

Microsoft Word sebenarnya sudah multifungsi, sayangnya banyak dari kita yang tidak bisa memaksimalkannya.

Salah satu fungsinya adalah merubah file doc menjadi PDF, berikut caranya:

1. Buka file doc yang akan dijadikan PDF, klik File.

2. Klik Save As lalu klik Browse.

3. Di bagian Save as type silahkan ubah yang tadinya Word Document klik di kolom tersebut ubah menjadi PDF lalu Save.

2. Merubah file DOC ke PDF Melalui SmallPDF

Jika Microsoft Word-mu bermasalah atau mungkin ketinggalan versi, kamu bisa mengandalkan SmallPDF namun dengan bantuan internet.

1. Buka website smallpdf.com/word-to-pdf lalu klik Choose File.

2. Pilih file doc yang akan diubah menjadi PDF lalu klik Open.

3. Tunggu hingga proses selesai dan tampilan seperti gambar dibawah, lalu klik download.

3. Merubah File DOC ke PDF Melalui IlovePDF

Opsi kedua apabila website SmallPDF tidak bisa diakses maka kamu bisa akses website IlovePDF, sama seperti cara kedua, dicara yang ketiga ini kamu juga butuh akses internet.

1. Buka website ilovepdf.com/word_to_pdf setelah terbuka klik Select WORD Files.

2. Cari file doc yang ingin dirubah menjadi PDF lalu klik Open.

3. Setelah itu kalian klik Convert to PDF.

4. Tunggu hingga proses selesai, setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah, lalu klik Download PDF untuk mengunduh.

Mengalami kendala saat mempraktekkan cara-cara diatas? Kamu bisa konsultasi di kolom komentar dibawah ya dan secepatnya akan kami bantu.