Cara Menggunakan Aplikasi Mendeley

Membuat daftar referensi untuk sebuah karya ilmiah memang tidak semudah apa yang kita bayangkan. Sementara, untuk pembuatan daftar referensi sendiri adalah hal yang sangat penting dalam karya tulis ilmiah.

Maka dari itu, jangan merasa aneh apabila masih banyak orang yang mengandalkan sebuah aplikasi yang bisa membantu untuk menyelesaikan daftar referensi. Ada salah satu aplikasi yang bisa membuat daftar ilmiah yang bisa kamu manfaatkan, yaitu Mendeley.

Tapi, diantara teman-teman apakah ada yang mengetahui apa Mendeley itu? Dan bagaimana cara mengoperasikannya? Nah, saya yakin masih ada diantara kamu semua yang belum mengetahui apa itu Mendeley dan bagaimana cara menggunakannya.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan simak artikel di bawah ini sampai benar-benar tuntas. 

Pertama-tama saya akan mengulas ini terlebih dahulu…

Jangan lupa, baca juga situs Kuotabro.com untuk mengetahui informasi terbaru soal dunia tekno.

1. Apa itu Mendeley?

Mendeley adalah suatu aplikasi yang dibuat untuk membantu teman-teman dalam membuat daftar referensi yang bersifat Open Source. Selain itu, aplikasi ini bisa di download secara gratis.

Apakah aplikasi ini bisa support pada semua platform? Tidak, ada beberapa platform yang support dengan aplikasi Mendeley, yaitu seperti Linux, Mac OS dan juga Windows. Tapi, seiring perkembangan zaman, aplikasi ini bisa dioperasikan pada HP.

Oh iya, aplikasi ini mempunyai dua tipe versi, yaitu Website dan Dekstop. Lalu, apakah penggunaan aplikasi ini tetap sama atau ada sedikit perbadaan? Tentu saja tetap sama, karena Mendeley sendiri memberi kewajiban untuk para user agar mendaftar pada platformnya.

Bukan hanya itu saja, melainkan di dalam aplikasi ini mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:

  • Live Full Text Search yang memiliki fungsi untuk mengatur referensi dengan baik di dalam kertas. Nah, untuk penggunaan fitur sendiri ini, para user bisa memasukkan kata frasa untuk memulai pencarian referensi.
  • Bisa memperlihatkan metadata dari berbagai file yang berjenis PDF secara otomatis.
  • Terdapat Highlighting dan PDF viewer.
  • Bisa import dokumen dari website luar. Misal sebagai contohnya seperti Google Scholar, PubMed, dan masih banyak lagi.
  • Dapat berbagi ke berbagai sosial media.
  • Terintegrasi dengan software pengolah kata, misal seperti Liber Office, Ms. Word, dan Open Office.

2. Cara Menggunakan Mendeley

Sesudah mengetahui apa itu aplikasi Mendeley, alangkah baiknya kamu pun harus mengetahui seperti apa cara menggunakan aplikasi ini dengan benar. Tapi, kita harus belajar menginstall aplikasi ini terlebih dulu, menurut dari tipe siste operasi yang ada di perangkat laptop atau PC yang kamu miliki.


Sebenarnya, untuk cara menginstall aplikasi Mendeley ini bisa dikatakan cukup mudah, tapi ada juga beberapa user baru yang masih merasa kebingungan dalam menginstall aplikasi ini di perangkat mereka.

Jangan khawatir, berikut ini ada tutorial lengkap yang bisa kamu pelajari dan praktekkan.

  • Download aplikasi Mendeley di Website resminya.
  • Download yang sesuai dengan spesifikasi dari aplikasinya.
  • Setelah berhasil mendownload, buka terminal dan mulai ketik $ sudo dpkg-l <nama file> kemudian tekan tombol enter.
  • Apabila sudah selesai mendownload, disitu akan terlihat tampilan yang mewajibkan para user untuk masuk ke bagian akun aplikasi ini.
  • Tapi, apabila kamu belum mempunyai akun Mendeley, kamu harus masuk ke form Register untuk membuat akun baru.
  • Selesaikan pendaftaran Mendeley dan mulai masuk ke form “Sign In”.
  • Setelah login, para user akan ditunjukkan pada Dashboard Mendeley.
  • Nah, untuk instalasi aplikasi ini, kamu bisa mendownload aplikasi installer dari website resminya. Lalu, jalankan seperti menginstall aplikasi seperti biasa.
  • Sebelum menggunakan aplikasi ini, Mendeley harus terintegrasi dengan MS. Word atau aplikasi lainnya yang ada kaitannya dengan pengolahan kata.

Cara Membuat Aplikasi Android di PC

Semua pasti tau kan yah bahwa HP Android saat ini marak dibicarakan oleh orang lain. Hampir dari seluruh kalangan, mulai dari para pelajar, mahasiswa, orangtua, pebisnis, pekerja, dan tokoh agama pun mempunyai HP yang menggunakan OS Android.

Di sini, kuoatabro akan mengulas mengenai cara membuat aplikasi Android di PC. Mungkin, ada sebagian dari anak-anak muda yang penasaran seperti apa proses dan cara pembuatan aplikasi tersebut.

Nah, maka dari itu, jangan dulu kemana-mana, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Keuntungan Membuat Aplikasi Android

Nah, aplikasi yang saat ini kamu pakai itu tidak akan ada dengan sendirinya, melainkan aplikasi-aplikasi yang ada di HP Android itu dibuat oleh seseorang yang berprofesi Android Developer.

Mereka bekerja di perusahaan Android bertujuan untuk membuat aplikasi Android dengan berbagai macam jenis dan juga bentuk dari aplikasi tersebut.

Masing-masing dari aplikasi yang mereka buat pasti akan sudah melalui proses riview terlebih dulu, apakah aplikasi tersebut bermanfaat atau tidak. Jika bermanfaat, maka para Android Developer ini akan membuatnya.

Tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang saat ini sedang membaca artikel dari kami dapat menjadi seseorang pembuat aplikasi di HP Android. Kenapa saya bisa menyebutkan seperti itu? Karena dalam membuat sebuah aplikasi itu membutuhkan skill dan pengetahuan yang tinggi.

Keuntungan dari membuat aplikasi Android ini bisa dilihat dari seberapa banyak penghasilan yang diraih dari seorang Android Developer. Katakanlah untuk seseorang yang membuat aplikasi sederhana, mereka bisa mendapatkan penghasilan seminimal mungkin sebesar 2 juta.

Nah, kamu pun pasti ingin mendapatkan keuntungan seperti mereka bukan? Namun, untuk membuat aplikasi Android itu tidak semudah seperti membalikan kedua telapak tangan, terlebih bagi kamu yang belum mempunyai dasaran pengetahuan di bidang ini.

Tapi jangan khawatir, di sini saya akan membahas tentang apa saja yang harus kamu lakukan untuk dapat menciptakan aplikasi di HP Android.

Pertama-tama kamu harus bisa menguasai ini.

Menguasai Bahasa Pemrograman Java Script

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, mempelajari semua bahasa pemrograman sampai benar-benar menguasainya. Setidaknya jika kamu belum benar-benar menguasai bahasa pemrograman tersebut, paling tidak kamu telah memahami apa itu Java.

Kenapa? Karena semua aplikasi yang ingin kamu buat untuk melengkapi isi dari HP Android itu, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Jadi pahamkan, kenapa kamu harus menguasai bahasa pemrograman Java?

Lalu, apa langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan? Simak terus artikel di bawah ini.

Install Software untuk Membuat Aplikasi Android

Aplikasi yang ada pada HP Android ini tidak dibuat begitu saja, melainkan dibuat melalui software atau lebih dikenal sebagai program. Kamu dapat memanfaatkan Android Studio atau Eclipse untuk membuat aplikasi di Android.

Tapi, perlu kamu ketahui dari kedua jenis software tersebut mempunyai kapasitas yang besar sehingga sangat berat apabila digunakan pada komputer. Jadi jika kamu membuka salah satu dari software tersebut, jangan heran apabila komputer yang kamu miliki mendadak lambat.

Oleh karena itu, untuk menginstall software tersebut, kamu harus mempunyai komputer yang spesifikasinya tinggi supaya ketika menggunakan kedua software ini, komputer yang kamu miliki tidak ngelag.

Berikut Spesifikasi komputer yang harus sesuai dengan kriteria software pembuat aplikasi Android.

Minimal Spesifikasi Komputer

Nah, bagi kamu yang ingin membuat aplikasi Android namun hanya memiliki notebook, jangan berharap bahwa gadget yang kamu miliki bisa memasang kedua software di atas. Kenapa? Pasalnya, kapasitas dari notebook sendiri sangat minim, jadi tidak bisa di install aplikasi berat.

Oleh karena itu, kamu harus mempunyai komputer dengan minimal processornya core i3 dengan kapasitas RAM minimal 2GB. Dengan RAM 2GB, kamu bisa menginstall aplikasi Eclipse.

Jika ternyata komputer atau laptop kamu sudah menggunakan RAM dengan kapasitas 4GB, maka kamu dapat menginstall Android Studio.

Cara Membuat Aplikasi Android di PC

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam membuat Aplikasi Android di PC:

  1. Install Android Studio atau pun Eclipse.
  2. Install JRE & JDK.
  3. Install SDK Android.
  4. Proses pembuatan.
  5. Selesai.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Bisnis merupakan peluang yang sebenarnya dimiliki oleh semua orang. Tapi banyak yang merasa kurang percaya dengan peluang tersebut. Salah satunya bisnis rumahan yang sering dipandang sebelah mata..

Ada banyak sekali peluang usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa dicoba.

Kuncinya kamu harus yakin dan mau untuk bergerak. Berikut ini beberapa bentuk usahanya:

  1. Katering

Banyak yang tidak sadar sebenarnya katering memiliki peluang bisnis yang tinggi. Sayangnya orang-orang sering memandangnya sebagai sebuah bisnis yang kurang menjanjikan.

Mungkin penyebabnya karena kurang terlihat mewah. Padahal dari segi keuntungan, katering mampu menghasilkan uang beberapa kali lipat dari modal awalnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis katering. Apalagi kawasan perkotaan biasanya membutuhkan layanan makanan yang cepat, praktis, dan enak.

Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang hobi memasak dengan rasa yang enak. Kamu bisa menerima pesanan katering makanan harian, bulanan, atau event tertentu.

Selain itu kamu bisa memberikan layanan tambahan seperti katering khusus makanan sehat atau juga program diet. Dengan begitu, jangkauan layanan katering akan lebih luas lagi.

  • Rental Mobil

Bisnis yang bisa kamu kerjakan di rumah selanjutnya adalah rental mobil. Mungkin sudah cukup banyak jasa rental yang akan menjadi pesaing kita.

Tapi permintaan rental mobil tidak pernah sepi. Sehingga kamu tidak akan kehilangan para pelanggan, mengingat kebutuhan rental mobil juga semakin tinggi untuk segala keperluan.

Inilah yang menjadi alasan rental mobil memiliki peluang bisnis tinggi. Sayangnya kamu membutuhkan modal awal yang sangat besar.

Sebagai modal awal, kamu perlu membeli mobil dengan harga ratusan juta. Kamu juga harus tahu risiko-risiko yang ada pada bisnis rental mobil ini sebelum memulainya.

Memang peluang untung dalam bisnisnya tinggi, tapi sepadan dengan risiko yang akan kamu hadapi selama berbisnis.

  • Es Cream

Bisnis kuliner bisa dikatakan bisnis yang tidak ada matinya. Kamu bisa mencoba salah satu peluang usaha dengan memproduksi es cream sendiri.

Lalu menjualnya secara online atau mendirikan kios. Kelebihan bisnis ini kamu hanya menyiapkan modal awal yang tergolong cukup kecil, mengingat masih skala rumahan.

Modal utama hanya sebuah lemari pendingin, kemudian beberapa bahan utama pembuat es cream. Bisnis ini juga mempunyai pasar semua kalangan.

Kamu juga bisa menambahkan varian bubble drink, Grosir Powder Bandung menyediakan pembelian grosir bubuk minuman.

Terlebih jika rasa es cream enak dan membuat pelanggan ketagihan. Tema kios es cream yang menawan/unik juga akan menarik perhatian para pelanggan.

  • Laundry

Laundry menjadi usaha rumahan yang cukup menjanjikan khususnya di perkotaan. Tingginya aktivitas warga kota akan memaksa mereka untuk menggunakan jasa laundry pakaian.

Alasan bisnis ini akan tetap memiliki peluang yang tinggi adalah karena permintaan jasa cuci pakaian tidak pernah sepi. Bahkan pada saat tertentu justru akan meningkat sangat tinggi.

Agar kamu bisa menjaring banyak pelanggan, cobalah menggunakan trik bisnis laundry yang unik dan berbeda. Contohnya laundry dalam jumlah besar yang lebih murah dan terjangkau.

Selain itu bisa juga dengan menawarkan parfum laundry dengan aneka rasa. Sehingga para pelanggan akan merasa senang dengan aroma parfum yang beraneka rasa tersebut.

  • Wedding Organizer

Wedding Organizer atau WO menjadi peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dengan membuka jasa WO ini.

Apalagi jika kamu bisa menggandeng bisnis katering lain sebagai penyedia makanan saat acara. Selain itu, kamu juga bisa menggandeng tukang dekorasi untuk mempermudah menjalankan bisnis.

Kamu cukup mengatur bagaimana konsep dan apa saja keperluan pernikahan dari para klien. Jika sudah bermitra dengan banyak pihak, bisnis ini akan sangat lancar dan mudah dijalankan.

Usaha rumahan yang menjanjikan di atas memang tidak bisa disepelekan. Meski skala rumahan, tapi ternyata kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai berkali-kali lipat.

5 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Kebanyakan orang menganggap kegiatan mengedit video itu harus dilakukan di komputer atau laptop. Padahal sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video hanya dengan menggunakan smartphone android saja.

Hal ini sangat cocok buat kalian yang ingin menjadi seorang youtuber namun tidak memiliki perangkat komputer. Berdasarkan sumber mastekno.com yang telah di rangkum, Kalian bisa melakukan proses pengeditan dengan menggunakan HP untuk kemudian di upload ke youtube atau sosial media lainnya.

Daftar Aplikasi Edit Video di HP

Dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih, kini ada banyak aplikasi editing di android yang fitur-fiturnya mirip dengan yang ada di PC.

Dan semuanya bisa didownload secara gratis melalui playstore. Ingin tahu apa saja aplikasi edit video terbaik di android?

1. Filmora Go

Nama Filmora sendiri sudah tak terlalu asing di telinga para editor. Ia merupakan salah satu app editing yang begitu populer. Biasanya Filmora dikenal sebagai aplikasi editing video untuk perangkat komputer atau laptop.

Namun kini juga sudah tersedia Filmora Go yang memiliki fungsi sama dan bisa diinstall pada HP android. Aplikasi yang satu ini bisa kalian gunakan untuk mengedit foto maupun video layaknya Filmora yang ada di PC.

Untuk fitur yang disediakan juga tak perlu diragukan lagi. Aplikasi tersebut mampu menggabungkan antara foto dan video menjai satu. Selain itu juga ada berbagai macam efek transisi dan juga overfly serta filter yang dapat mempercantik video kalian.

Setelah proses pengeditan selesai, kalian bisa melakukan export dengan kualitas HD. Sehingga tak perlu khawatir akan gambar yang akan menjadi pecah ketika dibagikan ke youtube atau sosmed.

2. Kinemaster

Selain Filmora, nama Kinemaster ini juga tak kalah populer. Bisa dibilang bahwa ia merupakan aplikasi edit video terbaik di android. Kenapa begitu? Karena fitur yang disediakan sangat lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalian.

Apa saja sih fitur yang ada di dalam kinemaster? Ia dapat menggabungkan layer dalam jumlah banyak berisi foto, video, efek, transisi maupun teks. Kalian juga bisa menambahkan musik sendiri untuk digabungkan ke dalam video.

Selain itu juga sudah ada fitur Chroma Key yang seringkali dibutuhkan untuk menambahkan efek tertentu dengan greenscreen. Ada pula fitur slow motion yang semakin menambah kelengkapan fitur yang ada di dalamnya.

3. PowerDirector

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama PowerDirector, apa kalian sudah pernah mendengarnya? Ia juga cukup populer sebagai salah satu app edit video paling mumpuni di perangkat android.

Fitur yang dihadirkan pun juga terbilang lengkap dengan ratusan template dan efek transisi yang bisa digunakan secara gratis. Ia juga sudah menyediakan fitur Chroma Key untuk mengedit background dengan greenscreen.

Apalagi kelebihannya? PowerDirector ini mampu mengexport video hasil editan kalian dengan kualitas hingga resolusi 4K lho. Sangat jarang aplikasi android yang mampu melakukan hal tersebut. Sehingga kalian tak perlu meragukan kualitas hasilnya.

4. Viva Video

Menghadirkan berbagai fitur yang umum diperlukan seperti cut, merge, crop copy dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak heran jika banyak orang yang memilih Viva Video menjadi aplikasi favorit mereka untuk kegiatan editing video.

Kalian juga bisa menambahkan berbagai efek transisi, glitch serta musik maupun text ke dalam video dengan sangat mudah. Semua fitur tersebut bisa kalian dapatkan secara gratis.

Namun ada juga versi Pro yang bisa kalian dibeli dengan harga 43.000. Tentu saja fitur yang dihadirkan akan lebih lengkap dan tidak bisa kalian dapatkan pada versi freenya. Contohnya seperti kualitas hasil export lebih baik dan banyak efek transisi lainnya.

5. Adobe Premiere Rush

Adobe sendiri mungkin dikenal sebagai pengembang dari app Photoshop. Namun mereka juga membuat sebuah aplikasi edit video untuk android bernama Adobe Premiere Rush. Apa kelebihan yang dimilikinya?

Bukan hanya digunakan untuk melakukan proses editing, aplikasi yang satu ini sudah dilengkapi dengan in app camera untuk merekam video dengan kualitas tinggi. Ia dilengkapi dengan fitur sound balancing, noice reduction hngga auto ducking agar rekaman lebih stabil.

Setelah itu kalian bisa langsung melakukan pengeditan di dalam aplikasi. Ada ratusan template dan motion yang bisa kalian gunakan secara gratis. Sangat disayangkan jika kalian melewatkan aplikasi yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik di HP android. Meskipun tanpa komputer atau laptop, kalian sudah bisa mendapatkan fitur-fitur yang kalian butuhkan. Jika digunakan dengan baik, hasil editannya tak akan kalah dengan menggunakan PC.didapat.

3 Penyebab Karburator Bermasalah Pada Motor

Setiap sepeda motor yang menggunakan sistem pengkabutan karburator jika tidak dirawat dengan benar, maka hal tersebut bisa menimbulkan permasalahan pada motor tersebut.

Jika hal itu terjadi, ada solusi yang mudah dilakukan untuk setiap orang. Bagaimana? kamu hanya datang ke bengkel terdekat untuk memperbaiki karburator yang bermasalah.

Namun bagaimana solusinya jika hal ini terjadi ketika motor tersebut tengah kamu gunakan dan posisinya jauh dari bengkel?

Sedangkan jika karburator motor bermasalah, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab motor mogok. Supaya kamu terhindar dari masalah ini, alangkah baiknya kamu harus mengetahui 3 penyebab karburator bermasalah dan cara menanganinya.

Berikut ulasan lengkap yang bisa kamu simak baik-baik.

Ciri Karburator Bermasalah

Berikut ciri karburator bermasalah yang sering ditemui disetiap kendaraan bermotor.

  • Jika mesin dihidupkan, keluar asap berwarna hitam dari bagian kenalpot
  • Mesin akan terasa brebet, baik itu di RPM yang rendah atau pun tinggi
  • Mesin motor bisa dihidupkan ketika gas motor ditarik
  • RPM pada idle mesin akan tersendat-sendat

Berikut masalah yang sering terjadi pada bagian karburator.

Setelan Kurang Tepat

Karburator sendiri mempunyai dua jenis baut penyetel. Diantaranya seperti baut pengatur gas dan baut pengatur untuk aliran bensin ketika mesin sedang idle.

Nah untuk baut pengatur gas ini mempunyai fungsi untuk mengontrol ketinggian gas ketika pedal gas tidak ditarik. Sedangkan untuk baut saluran bensin ini berfungsi untuk mengontrol besar kecilnya arus bensin ketika mesin sedang idle.

Kedua baud tersebut akan disetel untuk menemukan idle RPM yang tepat pada mesin motor. Oh iya, kamu tidak dapat menyetel salah satu baud tersebut, keduanya harus disetel dengan benar supaya bisa mendapatkan RPM yang tepat.

Terkadang masalah seperti ini jangan dimengerti oleh pemilik sepeda motor. Perlu kamu ketahui, setelan yang tidak tepat pada kedua baud tersebut bisa membuat campuran bensin tidak optimal yang nantinya bisa mengakibatkan mesin motor tidak akan bekerja dengan baik.

Maka dari itu, kedua baud penyekrub karburator ini harus disetel dengan benar.

Bensin Tidak Turun

Selain setelan karbu tidak tepat, masalah lainnya yang sering mengenai karburator adalah ‘Bensin Tidak Turun’ sehingga mesin motor akan susah untuk dihidupkan.

Apabila hal ini terjadi, maka yang harus kamu lakukan ialah memeriksa selang saluran bensin antara tangki dan karburator.

Biasanya, setiap sepeda motor yang menggunakan sistem pengkabutan karburator ini tidak mempunyai Fuel Pump, karena aliran bensin dari dalam tangki ini hanya memanfaatkan gaya gravitasi.

Perlu kamu ketahui jika sepeda motor didiamkan dalam kurun waktu yang sangat lama, umumnya akan bermasalah dikarenakan adanya udara (gas) yang terjebak didalam karburator. Hal ini bisa membuat saluran bensin tersumbat yang akhirnya mesin motor susah dihidupkan walaupun sudah disela-sela beberapa kali.

Nah jika kamu mendapati masalah seperti ini, solusinya ialah melepas selang bensin antara tangki dan karburator motor, kemudian diamkan selang tersebut sampai bensin itu benar-benar mengalir kembali seperti biasanya.

Mampetnya Main Jet Karburator

Masalah lainnya dalam karburator yang sering dirasakan oleh pemilik motor adalah ‘Main Jet Mampet’. Perlu diketahui, komponen ini mempunyai fungsi untuk mengalirkan dan mengkabutkan bensin sebelum masuk ke area pembakaran melalui intek manifold.

Lantas seperti apa yang harus dilakukan supaya main jet karburator tidak mampet? Solusinya ialah sering membersihkan karburator tersebut secara berkala, misalkan satu bulan sekali atau pun 3 minggu sekali. Untuk membersihkan karburator ini bisa dilakukan sesuai dengan penggunaan sehari-hari.

5 Cara Membersihkan Busi Motor yang Mudah Dilakukan

Busi merupakan salah satu bagian mesin yang mempunyai peran penting, pasalnya busi adalah sebuah komponen yang digunakan untuk memantik api agar terjadinya pembakaran di dalam ruang pembakaran mesin.

Jika percikan api yang dihasilkan oleh busi ini kecil, atau tidak menghasilkan percikan api sama sekali maka di dalam ruang pembakaran mesin tidak bekerja, al hasil mesin motor pun tidak akan hidup (mogok).

Kenapa tidak terjadi pembakaran? Karena busi yang digunakan oleh kendaraan tersebut sudah tidak layak digunakan.

Kasus seperti ini kerap dialami oleh setiap pemilik sepeda motor, lantas apa saja penyebab busi motor mati? Diantaranya seperti:

  • Busi sudah berumur
  • Busi Banjir
  • Busi kotor
  • Dan masih banyak lainnya

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa memeriksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau harus diganti dengan yang baru.

Lantas bagaimana mengetahui kelayakan pada busi motor? Kamu bisa membuka busi tersebut lalu dibersihkan hingga benar-benar bersih.

erikut 6 cara membersihkan busi motor yang versi Otomodiv yang perlu kamu ketahui.

1. Lepas Busi dari Head Mesin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas badan busi dari bagian head mesin. Untuk melepasnya, kamu bisa menggunakan kunci busi (ukurannya disesuaikan dengan jenis motor yang kamu miliki).

Sebelum melepas busi, diusahakan keadaan busi tersebut harus berada dalam suhu dingin.

Jika masih panas, alangkah baiknya busi tersebut jangan langsung dibuka, kenapa? Karena busi itu akan mengeras dan susah untuk dilepaskan dari kepala mesin.

2. Merendam Busi

Sesudah busi dilepas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah merendam busi didalam air bensin atau juga direndam dengan cairan pembersih seperti ‘Air Cleaner’.

Oh iya, untuk merendam busi nya jangan direndam secara keseluruhan, rendam bagian ujung busi nya saja di dalam tempat kecil yang berisikan bensin atau cairan pembersih.

Kenapa? Tujuannya ialah supaya kerak atau kotoran yang menempel dibagian ujung busi bisa gampang dibersihkan ketika menggunakan sikat atau alat pembersih lainnya.

3. Bersihkan Menggunakan Sikat

Untuk bagian ini, kamu memerlukan alat pembersih seperti sikat, entah itu menggunakan sikat kawat atau sikat gigi bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Kenapa harus menggunakan sikat? Supaya kotoran yang menempel dari sisa-sisa pembakaran dibagian ujung busi bisa mudah dihilangkan.

Sebenarnya selain menggunakan sikat masih ada alat lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan busi, misal seperti kain lap.

Tapi, jika busi tersebut dibersihkan menggunakan kain lap, kotoran tersebut akan susah dihilangkan dan akan membutuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkan kotoran yang ada dibagian ujung busi nya.

Maka dari itu, saya sarankan kepada teman-teman semua agar menggunakan sikat kawat atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan seluruh kotoran busi dengan cepat.

4. Menyetel Ulang Busi

Kenapa harus menyetel ulang busi? Tujuannya supaya busi tersebut bisa menghasilkan aliran listrik yang maksimal seperti baru, maka dari itu pentingnya menyetel busi setelah busi tersebut dibersihkan.

Untuk menyetel bagian celah busi nya, kamu memerlukan alat ukur ketebalan pada celah busi tersebut.

Jika kamu tidak mempunyai alat ukur nya, kamu bisa menggunakan obeng (-) sebagai alternatif pengganti Feeler Gauge (alat ukur penyetel celah busi).

 5. Pasang Busi kedalam Kepala Mesin dengan Benar

Setelah penyetelan penyetelan pada bagian celah busi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah memasang busi tersebut kebagian busi menggunakan kunci busi.

Dalam memasangnya, kamu harus benar-benar teliti, diusahakan jangan terlalu kencang ketika mengencangkan busi nya. Kenapa? Supaya ketika busi tersebut akan dilepas, kamu tidak merasa kesulitan.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan mengenai 5 cara membersihkan busi motor yang mudah untuk dilakukan.

5 Daftar Flashdisk Terbaik Paling Direkomendasikan

Apakah Anda berencana ingin melakukan pembelian flashdisk? Jika iya, maka perlu mempertimbangkan banyak hal supaya Anda benar-benar menemukan jenis flashdisk terbaik.

Banyaknya jenis flashdisk di pasaran yang membuat para penggunanya harus lebih teliti dalam menentukan pilihan. Tidak hanya memperhatikan dari segi kapasitasnya saja, namun untuk kualitasnya juga perlu dipertimbangkan.

Anda memang selalu disarankan untuk melakukan pemilihan jenis flashdisk yang berkualitas baik. Tujuannya yaitu tidak hanya bisa bertahan lama saja. Akan tetapi juga akan terhindar dari resiko kerusakan.

Meskipun flashdisk berkualitas dibanderol dengan harga yang mahal, namun setidaknya Anda bisa miliki flashdisk hingga bertahun-tahun lamanya.

Tips Memilih Flashdisk

Bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan pembelian flashdisk, tentunya hanya memperhatikan dari segi kapasitas flashdisk saja tanpa memperhatikan kualitasnya.

Padahal membeli flashdisk tidak hanya sekedar memilih kapasitas sesuai kebutuhan saja. Namun ada beberapa tips yang bisa diikuti supaya flashdisk yang Anda pilih tersebut benar-benar berkualitas.

Berikut ini tips yang bisa diikuti:

1. Lihat Kemampuan Menyimpan dan Membaca Data

Untuk setiap flashdisk memiliki penyimpanan dan membaca data yang tidak. Hal ini tergantung dari segi kapasitas flashdisk dan juga merk flashdisk.

Untuk kecepatan flashdisk dalam membaca akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dari segi kecepatan penyimpanan data. Terlebih lagi saat ditambah kabel USB untuk transfer, tentunya hal ini juga akan lebih lambat.

2. Lihat Kondisi Fisiknya

Bentuk flashdisk yang menarik dan lucu belum tentu menjaminkan memiliki kualitas yang bagus. Anda harus melihat kondisi fisik dari flashdisk tersebut, apakah mampu bertahan lama atau pun tidak.

Mengingat bahwa penggunaan flashdisk terkadang bisa jatuh atau terbentur. Melihat hal ini Anda harus memilih jenis flashdisk yang kuat terhadap benturan agar tidak cepat rusak.

3. Merek dari Flashdisk

Melihat dari segi merk ternyata juga penting dilakukan. Untuk setiap merk tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Sebab itu Anda harus menentukan pilihan jenis flashdisk merek apa yang perlu dipilih. Selain itu silahkan mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merk yang ada di pasaran.

4. Pertimbangkan Harga

Disarankan bagi Anda untuk tidak melihat suatu produk dari segi harganya. Untuk harga yang murah belum tentu mencerminkan kualitas yang bagus.

Walaupun flashdisk mempunyai kapasitas besar dibanderol dengan harga yang murah, namun setidaknya Anda harus melihat dari segi kualitasnya terlebih dahulu. Pembahasan seputar tips dan teknologi bersumber dari Aksitekno.com

5 Daftar Merk Flashdisk Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa untuk flashdisk yang ada di pasaran tidak hanya ada 1 atau 2 saja, akan tetapi ada banyak sekali. Hal ini wajar saja jika membuat Anda merasa dilema dalam menentukan pilihan.

Supaya lebih memudahkan dalam melakukan pemilihan jenis flashdisk yang terbaik silakan simak 5 daftar merek flashdisk terbaik berikut:

1. Kingston Traveler Ultimate GT

flashdisk yang pertama ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kapasitas lebih besar, yaitu 512 GB. Perangkat yang menyediakan kapasitas penyimpanan melebihi dari 2TB memang tidak hanya pada harddisk saja.

Akan tetapi untuk Kingston Traveler Ultimate GT juga telah menyediakannya. Fisiknya memiliki ukuran kecil, namun mampu menyimpan data cukup banyak.

2. SanDisk Extreme Pro

Merk SanDisk ini mampu memberikan keunggulan dari segi kecepatan kinerjanya yang sangat hebat. Keunggulan flashdisk ini yaitu sudah dilengkapi dengan kecepatan membaca mencapai 420 MB/detiknya.

Sementara untuk kecepatan menulis mencapai 380 MB/detiknya. Anda bisa memindahkan video pada ukuran 4K dalam waktu yang cepat, yaitu kurang lebih 15 detik.

3. Transcend JetFlash

Jenis flashdisk Translate Jetflash ini dilengkapi dengan chip Flash mlc NAND yang cukup terbatas. Sehingga menjadikannya mempunyai ketahanan secara konsisten.

Untuk kecepatan membacanya dapat mencapai hingga 400 MB/detiknya. Sementara untuk kecepatan dalam menulis mencapai 150 MB/detik.

4. Corsair Flash Voyager

Jika Anda menginginkan flashdisk yang mempunyai kecepatan transfer data, maka Corsair Flash Voyager adalah jawabannya.

Kinerjanya sangat cepat ketika mengirimkan file yang berukuran kecil maupun besar. Flashdisk ini dapat bekerja dalam perangkat OS yang cukup kompatibel tanpa harus membutuhkan instalasi driver.

5. Toshiba TransMemory-EX

Anda juga akan menemukan flashdisk dari merk Toshiba yang memiliki ukuran 32 GB. Flashdisk ini telah dibekali konektor ganda dengan tipe C dan tipe A, sehingga dapat digunakan untuk PC maupun untuk Android versi 6.0. Kecepatan dalam membaca flashdisk Toshiba ini mencapai 95 MB/detik dengan kecepatan menulis 80 MB/detik.

Kebutuhan flashdisk di zaman digitalisasi ini memang menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan, dengan menggunakan flashdisk inilah, maka media penyimpanan dapat mensuport pada kapasitas yang lebih besar.

Untuk itu bagi Anda yang seringkali membutuhkan flashdisk bisa memilih salah satu dari ke-5 merk terbaik dari flash disk yang ada di pasaran. Demikian pembahasan mengenai flashdisk terbaik, semoga bisa membantu Anda dalam memilih flashdisk.

Budidaya Lebah Madu

Lebah madu merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak manfaat dan keistimewaan. Oleh karena itu, Budidaya lebah madu  akan menjadi usaha yang dapat memberikan penghasilan menjanjikan apabila Anda dapat menekuninya dengan professional.

Lebah disebutkan di dalam kitab suci Al Quran karena manfaatnya yang luar biasa bagi kehidupan. Selain itu, lebah juga hewan yang memegang peranan penting untuk pertanian dan kehidupan pada umumnya.

Albert Einstein pernah memprediksi bahwa seandainya lebah punah dari alam semesta, manusia hanya memiliki kesempatan hidup selama 4 tahun. Itu adalah kondisi yang bisa memberikan gambaran betapa pentingnya peran lebah dalam kehidupan manusia.

Lebah juga merupakan hewan pekerja keras yang dapat memproduksi madu. Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu merupakan salah satu super food terbaik di dunia.

Cara budidaya lebah madu

Budidaya lebah madu  memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan usaha budidaya lainnya. Hal utama yang harus Anda ketahui adalah bahwa ternak lebah madu  memerlukan modal yang tidak besar.

Pengusaha ternak lebah madu  tidak harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk pengadaan pakan lebah. Selain itu, Anda hanya perlu mengeluarkan modal kecil untuk proses pemeliharaan lebah madu.

Meskipun terlihat rumit, budidaya lebah bukan industri yang mahal. Oleh karena itu, jika Anda merasa masih pemula, usaha beternak lebah madu  tetap merupakan pilihan yang tepat.

Lebah madu bisa mencari makanan sendiri. Oleh karena itu, biaya pakan dapat ditekan. Selain itu, usaha ternak lebah sangat efisien karena Anda tidak harus mengatur waktu perawatan dan interval pemberian makan ternak.

Kelebihan lainnya adalah efisiensi dalam perkawinan. Jika dalam budidaya ternak lainnya, Anda harus mengawinkan pejantan dan betina, budidaya lebah madu  tidaklah demikian. Anda tidak perlu melakukan perkawinan secara sengaja karena lebah akan kawin secara natural.

Di samping itu, budidaya lebah madu  adalah usaha yang bisa memberikan potensi keuntungan yang menjanjikan. Madu memiliki harga jual tinggi yakni sekitar 90 ribu rupiah per kilogram.

Petani umumnya dapat memanen 100 kilogram madu pada satu kali panen. Panen madu umumnya bisa dilakukan 10 hari sekali atau maksimal 30 hari sekali. Artinya, penghasilan rutin bulanan petani madu bisa mencapai 9 juta rupiah dalam setiap kali panen.

Siklus Hidup Lebah Madu

Sebelum memulai usaha budidaya lebah dan menerapkan cara budidaya lebah madu yang paling mudah, Anda harus mengetahui siklus hidup lebah agar keseluruhan proses budidaya dapat lebih lancar.

Lebah madu adalah hewan yang hidup secara berkelompok dan memiliki sistim kasta. Di dalam setiap kelompok ada lebah pekerja, lebah ratu, dan lebah jantan.

Lebah pekerja adalah lebah kecil anakan dari hasil perkawinan lebah ratu dan lebah jantan. Jumlah lebah pekerja dalam setiap koloni mencapai 30 ribu hingga 60 ribu ekor.

Tugas lebah pekerja antara lain adalah bekerja mengumpulkan makanan, menjaga sarang, dan membersihkan sarang. Lebah ratu adalah lebah betina yang menjadi pemimpin koloni lebah madu.

Ukuran tubuh lebah ini paling besar di antara anggota koloni lainnya. Lebah ratu bertugas untuk reproduksi dan terus menghasilkan telur baru untuk generasi lebah madu selanjutnya. Sedangkan lebah jantan bertugas untuk mengawini lebah ratu. Lebah jantan berjumlah ratusan ekor.

Bagaimanakah proses perkawinan antara lebah ratu dan lebah jantan?

Awalnya, lebah ratu akan terbang tinggi. Kemudian, lebah jantan akan mengejar lebah ratu. Lebah jantan yang berhasil mengejar akan melakukan proses perkawinan.

Setelah mengawini ratu lebah, pejantan akan mati. Selanjutnya, lebah ratu akan bertelur dan meletakkan telur di sarang. Telur-telur lalu menetas menjadi larva.

Kemudian larva akan berkembang menjadi lebah dalam waktu sekitar 43 hari. Lebah-lebah generasi baru ini akan membentuk tiga jenis lebah dengan fungsi yang berbeda-beda. Selanjutnya lebah akan bekerja sesuai tugasnya hingga mati.

Faktor Penting dalam Budidaya lebah madu

Beternak lebah madu akan memberikan keuntungan berlipat ketika Anda tidak menghadapi kendala tertentu. Untuk itu, Anda harus mengetahui faktor penting dalam budidaya lebah madu .

  • Bukan hanya bertujuan memproduksi madu tapi juga mengembangkan koloni lebah. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan madu yang lebih banyak. Dengan demikian, produksi akan terus meningkat sehingga potensi penghasilan juga akan terus naik.
  • Membutuhkan beberapa properti seperti kotak kayu yang akan berfungsi sebagai sarang lebah. Sarang akan memuat madu yang nantinya bisa dipanen sebagai hasil budidaya.
  • Berapa banyak kotak kayu yang Anda butuhkan? Anda perlu menyiapkan 40 hingga 100 kotak kayu untuk digunakan sebagai sarang lebah.
  • Ketika cara budidaya lebah madu berhasil dengan baik dan koloni sudah berkembang, volume usaha akan meningkat. Dalam beberapa tahun, bisa jadi Anda akan memerlukan hingga 300 kotak kayu untuk sarang lebah madu.
  • Lebah yang umum dibudidayakan adalah lebah mellifera.
  • Lebah Mellifera bisa dipanen setelah 10 hari setelah koloni aktif membangun sarang.
  • Usaha budidaya harus dilakukan di wilayah yang jauh dari pemukiman warga.
  • Lebah madu adalah hewan yang agresif dan berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus waspada, terlindungi, dan memastikan lokasi budidaya berada jauh dari pemukiman warga.
  • Pilihlah lokasi budidaya di wilayah terbuka dengan suhu di bawah 25 derajat Celsius. Tanami area budidaya dengan banyak bunga untuk memberikan lebah kemudahan dalam mencari makan.

Jenis madu yang kita ketahui ada 2 jenis, yaitu madu alam dan madu ternak. Ulasan di atas mengenai cara budidaya lebah madu ternak, semoga dapat membantu Anda. Bersumber dari referensi tentang budidaya hewan ternak di kampungternak.id

Archimedes (Biografi, Sejarah, Karya)

Biografi Archimedes

Archimedes (lahir tahun 287 SM, Syracuse, Sisilia [Italia] —meninggal 212/211 SM, Syracuse), ahli matematika dan penemu paling terkenal di Yunani kuno. Archimedes sangat dikenal akan penemuannya tentang hubungan antara permukaan dan volume bola dan silinder. Dia dikenal karena perumusan prinsip hidrostatik (dikenal sebagai hukum Archimedes) dan benda untuk menaikan air, masih digunakan di negara-negara berkembang, yang dikenal sebagai sekrup Archimedes.

Sejarah Hidup Archimedes

Archimedes menghabiskan beberapa waktu di Mesir pada awal kariernya, tetapi hampir sepanjang hidupnya ia tinggal di Syracuse, kota utama Yunani di Sisilia. Archimedes menerbitkan karya-karyanya dalam bentuk korespondensi dengan para ahli matematika utama pada masanya, termasuk para sarjana Alexandrian Scholars Conon of Samos dan Eratosthenes of Cyrene. 

Dia memainkan peran penting dalam pertahanan Syracuse terhadap pengepungan yang dilakukan oleh Romawi pada tahun 213 SM dengan membangun mesin perang yang sangat efektif sehingga mereka lama menunda penangkapan kota. 

Archimedes meninggal setelah Syracuse akhirnya jatuh ke tangan Jenderal Romawi Marcus Claudius Marcellus pada musim gugur tahun 212 atau musim semi tahun 211 SM.

Berita tentang kehidupan Archimedes bertahan lebih lama daripada ilmuwan kuno lainnya, tetapi mereka sebagian besar anekdotal, mencerminkan kesan bahwa kejeniusan mekanisnya dibuat pada imajinasi populer. 

Kisah tentang ia menentukan proporsi emas dan perak dalam karangan bunga yang dibuat untuk Hieron dengan menimbangnya dalam air mungkin benar, tetapi versi yang membuatnya melompat dari bak mandi di mana ia seharusnya mendapat ide dan berlari telanjang di jalan-jalan sambil berteriak “Heurēka!” (“Saya telah menemukannya!”) Adalah pembubuhan yang populer. 

Ada juga cerita tentang ia menggunakan sejumlah besar cermin untuk membakar kapal-kapal Romawi yang mengepung Syracuse; dan dia berkata, “Beri aku tempat untuk berdiri dan aku akan menggerakkan Bumi”; dan bahwa seorang prajurit Romawi membunuhnya karena dia menolak untuk meninggalkan diagram matematisnya — walaupun semuanya adalah cerminan populer dari minatnya yang sesungguhnya pada katoptrik (cabang optik yang berurusan dengan pantulan cahaya dari cermin, pesawat atau lengkungan), mekanik, dan murni matematika.

Menurut Plutarch (46–119 M), Archimedes memiliki minat yang sangat rendah tentang jenis penemuan praktis di mana ia ahli dan yang menyebabkan ketenaran kontemporernya sehingga ia tidak meninggalkan karya tulis mengenai hal-hal seperti itu. 

Meskipun benar bahwa terlepas dari rujukan yang meragukan pada risalah, “On Sphere-Making” semua karyanya yang diketahui memiliki karakter teoretis, namun minatnya pada mekanika sangat memengaruhi pemikiran matematisnya. 

Ia tidak hanya menulis karya tentang mekanika teoretis dan hidrostatik, tetapi risalahnya tentang Metoda Mekanik menunjukkan bahwa ia menggunakan penalaran mekanis sebagai alat heuristik untuk penemuan teorema matematika baru.

Karya Archimedes

Ada sembilan risalah yang ditulis oleh Archimedes dalam bahasa Yunani. Hasil utama dalam On the Sphere dan Cylinder (dalam dua buku) adalah: 

  • Luas permukaan bola dengan jari-jari r adalah empat kali lipat dari luas lingkaran terbesarnya (dalam notasi modern, S = 4πr2), dan 
  • Volume bola adalah dua pertiga dari volume silinder yang tepat memuat bola tersebut (mengarah langsung ke rumus untuk volume, V = 4/3 πr3). 

Archimedes cukup bangga dengan penemuan terakhir hingga meninggalkan instruksi agar makamnya ditandai dengan sebuah bola yang termuat dalam sebuah silinder. Marcus Tullius Cicero (106-43 SM) menemukan makam itu, ditumbuhi tumbuh-tumbuhan, satu setengah abad setelah kematian Archimedes.

Volume bola adalah 4/3 πr3, dan volume silinder pembatas adalah 2πr3. Luas permukaan bola adalah 4πr2, dan luas permukaan silinder yang membatasi adalah 6πr2

Oleh karena itu, setiap bola memiliki dua pertiga volume dan dua pertiga luas permukaan silinder yang membatasi.

Pengukuran Lingkaran adalah sebuah fragmen dari karya yang lebih panjang di mana π (pi), rasio keliling dengan diameter lingkaran, ditunjukkan berada di antara batas 3 10/71 dan 3 1/7. Pendekatan Archimedes untuk menentukan π, yang terdiri dari menuliskan dan membatasi poligon reguler dengan sejumlah besar sisi, diikuti oleh semua orang sampai pengembangan ekspansi barisan tak hingga di India selama abad ke-15 dan di Eropa selama abad ke-17. 

Karya itu juga mengandung perkiraan yang akurat (dinyatakan sebagai rasio bilangan bulat) dengan akar kuadrat dari 3 dan beberapa angka.

On Conoids and Spheroids membahas tentang menentukan volume segmen padatan yang dibentuk oleh revolusi bagian berbentuk kerucut (lingkaran, elips, parabola, atau hiperbola) dan sumbunya. Dalam istilah modern, itu adalah tentang integral. (Lihat kalkulus.) 

On Spiral membahas lokus suatu titik bergerak dengan kecepatan seragam sepanjang garis lurus yang berputar dengan kecepatan seragam pada titik tetap. Itu adalah salah satu dari hanya beberapa kurva di luar garis lurus dan bagian kerucut yang dikenal di zaman kuno.

Pada Equilibrium of Planes (atau Centres of Gravity of Planes; dalam dua buku) membahas tentang membangun pusat gravitasi berbagai bidang bujursangkar, segmen parabola, dan parabola. Buku pertama dimaksudkan untuk menetapkan “hukum tuas” (panjang lengan kuasa berbanding terbalik dengan gaya kuasa). Karena risalah itu Archimedes telah disebut sebagai pendiri mekanika teoretis. 

Quadrature of the Parabola menunjukkan, pertama dengan cara “mekanis” dan kemudian dengan metode geometri konvensional, bahwa luas segmen parabola adalah 4/3 dari luas segitiga yang memiliki alas dan tinggi yang sama seperti segmen itu. Sekali lagi, itu adalah masalah dalam integral.

The Sand-Reckoner adalah risalah kecil yang merupakan permainan logika yang ditulis untuk orang awam — ini ditujukan kepada Gelon, putra Hieron — yang mengandung beberapa matematika asli yang sangat dalam. 

Tujuannya adalah untuk memperbaiki kekurangan dari sistem notasi numerik Yunani dengan menunjukkan bagaimana mengekspresikan sejumlah besar butiran pasir yang dibutuhkan untuk mengisi seluruh alam semesta. Apa yang Archimedes lakuka? yaitu menciptakan sistem notasi nilai tempat, dengan basis 100.000.000. (Ini merupakan ide yang benar-benar orisinal, karena ia tidak memiliki pengetahuan tentang sistem nilai-tempat Babilon kontemporer dengan basis 60.) Karya ini juga menarik karena memberikan deskripsi yang bertahan paling rinci tentang sistem heliosentris Aristarchus of Samos (310–230 SM) dan karena itu memuat catatan tentang prosedur cerdik yang digunakan Archimedes untuk menentukan diameter nyata Matahari melalui pengamatan dengan instrumen.

Method Concerning Mechanical Theorems menjelaskan proses penemuan dalam matematika. Ini adalah satu-satunya karya yang bertahan dari zaman kuno, dan salah satu dari sedikit dari periode mana pun, yang berhubungan dengan topik ini. Di dalamnya Archimedes menceritakan bagaimana ia menggunakan metode “mekanis” untuk sampai pada beberapa penemuan kuncinya, termasuk area segmen parabola dan area permukaan serta volume bola. Teknik ini terdiri dari membagi masing-masing dua angka menjadi jumlah yang sangat kecil tetapi sama dari strip tipis, kemudian “menimbang” masing-masing pasangan strip yang sesuai satu sama lain pada keseimbangan nosional untuk mendapatkan rasio dari dua bilangan asli. Archimedes menekankan bahwa, meskipun berguna sebagai metode heuristik, prosedur ini bukan merupakan bukti yang kuat.

On Floating Bodies (dalam dua buku) hanya bertahan sebagian dalam bahasa Yunani, sisanya dalam terjemahan Latin abad pertengahan. Ini adalah karya pertama yang diketahui tentang hidrostatik, dimana Archimedes diakui sebagai pengarangnya. Tujuannya adalah untuk menentukan posisi yang akan diasumsikan oleh berbagai padatan ketika mengambang dalam fluida, sesuai dengan bentuk dan variasi dalam gravitasi spesifiknya. Dalam buku pertama berbagai prinsip umum ditetapkan, terutama apa yang kemudian dikenal sebagai hukum Archimedes: benda yang lebih padat daripada fluida, ketika direndam dalam fluida itu, menjadi lebih ringan dengan berat fluida yang dipindahkan. Buku kedua adalah Tour de Force matematis yang tak tertandingi pada zaman kuno dan jarang disamakan sejak itu. Di dalamnya Archimedes menentukan posisi stabilitas yang berbeda yang diasumsikan oleh parabola kanan revolusi ketika mengapung dalam fluida gravitasi spesifik yang lebih besar, menurut variasi geometris dan hidrostatik.

Ada sejumlah karya lain Archimedes yang diketahui belum selamat. Yang menarik adalah risalah tentang katoptri, di mana ia membahas fenomena pembiasan; pada 13 semiregular (Archimedean) polyhedra (badan-badan yang dibatasi oleh poligon biasa, tidak harus semua dari jenis yang sama, yang dapat ditorehkan dalam sebuah bola); dan “Cattle Problem” (disimpan dalam epigram Yunani), yang menimbulkan masalah dalam analisis tak tentu. Selain itu, ada beberapa karya yang bertahan dalam terjemahan bahasa Arab yang berasal dari Archimedes yang tidak dapat dikomposisikan dalam bentuk modern, meskipun mereka mungkin mengandung unsur-unsur “Archimedean”. Termasuk di dalamnya membahas heptagon reguler dalam lingkaran; kumpulan lemma (proposisi yang dianggap benar yang digunakan untuk membuktikan teorema) dan sebuah buku, On Touching Circles, keduanya berkaitan dengan geometri bidang dasar; dan the Stomachion (bagian yang juga bertahan dalam bahasa Yunani), berurusan dengan kotak dibagi menjadi 14 buah untuk permainan atau puzzle.

Bukti matematika dan presentasi Archimedes menunjukkan keberanian dan keaslian pemikiran yang besar di satu sisi dan kekakuan yang ekstrem di sisi lain, memenuhi standar tertinggi geometri kontemporer. 

Sementara Metodenya menunjukkan bahwa ia sampai pada rumus untuk luas permukaan dan volume bola dengan penalaran “mekanis” dalam bukti aktualnya dari hasil dalam Bola dan Silinder, ia hanya menggunakan metode ketat dari pendekatan terbatasyang telah ditemukan oleh Eudoxus dari Cnidus pada abad ke-4 SM. 

Metode-metode yang diciptakan Archimedes ini, adalah prosedur standar dalam semua karyanya tentang geometri yang lebih tinggi yang berhubungan dengan hasil pembuktian tentang area dan volume. 

Ketelitian matematis mereka sangat kontras dengan “bukti” dari praktisi pertama kalkulus integral pada abad ke-17, ketika infinitesimalals diperkenalkan kembali ke dalam matematika. Namun hasil Archimedes tidak kalah mengesankan dari mereka. Kebebasan yang sama dari cara berpikir konvensional tampak jelas dalam bidang aritmetika di Sand-Reckoner, yang menunjukkan pemahaman mendalam tentang sifat sistem numerik.

Di zaman kuno Archimedes juga dikenal sebagai astronom yang luar biasa: pengamatannya atas soltis digunakan oleh Hipparchus (berkembang sekitar 140 SM), astronom kuno terkemuka. Sangat sedikit yang diketahui dari sisi kegiatan Archimedes ini, meskipun Sand-Reckoner mengungkapkan minat astronominya yang tajam dan kemampuan pengamatan praktis. Namun, telah diturunkan sejumlah angka yang dikaitkan dengan dia memberikan jarak dari berbagai benda langit dari Bumi, yang telah terbukti tidak didasarkan pada data astronomi yang diamati tetapi pada teori “Pythagoras” yang mengaitkan interval spasial antara planet-planet dengan interval musik. Mengejutkan meskipun untuk menemukan spekulasi metafisik dalam karya astronom, ada alasan bagus untuk percaya bahwa atribusi mereka untuk Archimedes benar.

Pengaruh Archimedes

Mengingat besarnya dan orisinalitas pencapaian Archimedes, pengaruh matematika di jaman dahulu agak kecil. Hasil-hasil yang dapat dengan sederhana diungkapkan — seperti rumus untuk luas permukaan dan volume bola — menjadi tempat yang umum secara matematis, dan salah satu batasan yang ia buat untuk π (22/7) diadopsi sebagai perkiraan biasa di zaman kuno dan Abad Pertengahan. 

Namun demikian, karya matematika tidak dilanjutkan atau dikembangkan, sejauh yang diketahui, dengan cara penting di zaman kuno, meskipun publikasi akan memungkinkan orang lain untuk membuat penemuan baru. 

Perbedaan Sistem Saraf dan Sistem Hormon

Perbedaan sistem saraf dan sistem hormon cukup banyak, keduanya juga memiliki persamaan. Kedua sistem tersebut juga harus ada dalam manusia maupun hewan.

Karena sistem hormon bekerja atas perintah dari sistem saraf. Hormon juga memiliki peranan dalam mengatur tingkah laku yang disebabkan oleh sistem saraf.

Sistem saraf dan sistem hormon juga memiliki fungsi untuk mengatur dan melalukan koordinasi kegiatan di dalam tubuh.

Jadi keduanya saling berkaitan satu sama lain dan berikut adalah penjelasan mengenai sistem saraf dan sistem hormon bersumber dari Yuksinau.id.

Pengertian Sistem Saraf dan Sistem Hormon

1. Sistem Saraf

Sistem saraf adalah suatu sistem yang terdapat pada organ tubuh manusia dan hewan, dimana sistem saraf ini terdiri dari serabut yang tersusun oleh sel – sel yang saling terkoneksi satu sama lain.

Sistem saraf mempunyai tugas utama yaitu menyampaikan rangsangan daari reseptor untuk di deteksi dan di respon oleh tubuh.

Sistem saraf akan merespon rangsangan menggunakan neurotrensmiter dengan mengirimkan potensial aksi listrik di sepanjang neuron.

Sistem saraf akan merespon rangsangan tersebut dengan cepat dan dengan cara mengirimkan implus listrik terhadap perubahan jangka pendek.

Sistem saraf ini bekerja sama dengan endokrin untuk dapat mempertahankan homeostasis. Sistem endokrin akan mengirimkan pesan kimia (hormon) ke dalam aliran darah dan membawa adaptasi dalam jangka panjang.

Terdapat tiga jenis saraf, yaitu :

  1. Saraf sensorik adalah saraf yang digunakan untuk membawa implus dan organ dari panca indra ke dalam otak.
  2. Saraf motorik adalah saraf yang digunakan untuk membawa implus dari otak ke bagian tubuh lain.
  3. Saraf campuran adalah saraf yang merupakan campuran dari serabut saraf sensorik dan serabut saraf motorik.

Contoh dari sistem saraf adalah ketika anda terkena pisau maka anda secara reflek akan mengangkat tangan bahkan mengemutnya. Gerak reflek tersebut yang menunjukkan kerja diari sistem saraf.

Contoh lain dari sistem saraf adalah ketika mata kita terkena debu atau kotoran lain maka kita akan secara reflek mengusap mata kita. Atau ketika kita menginjak paku maka secara otomatis mangangkat kaki kita.

2. Sistem Hormon

Sistem hormon adalah suatu sistem yang berperan untuk mensekresikan hormon dan melibatkan antara kelenjar – kelenjar yang ada dalam tubuh dan memiliki bentuk senyawa organik yang dapat dihasilkan oleh kelenjar endokrin.

Sistem hormon mempunyai tugas utama yaitu mengatur aktiitas dari sistem reproduksi, sistem metabolisme, sistem pertumbuhan, dan sistem perkembangan dalam tubuh.

Hormon dalam sistem hormon disintesis pada jarak yang jauh dari sel target mereka yang berjalan melalui aliran darah atau cairan yang akan mencapai sel – sel tujuannya.

Setelah itu hormon akan bertindak atas sel target mereka untuk menambah maupun mengurangi ekspresi dalam gen tertentu. Proses tersebut membutuhkan waktu yang lama (jangka panjang).

Proses sistem hormon adalah hormon disintesis -> dialirkan atau diangkut ke sel target yang harus melalui proses transkripsi, terjemahan, dan sintesis protein sebelum aksi dari hormon terlibat -> memasukkan ke dalam sel.

Meskipun sistem hormon bertindak secara lambat, namun sistem hormon memiliki efek yang tahan lama. Selain itu sistem hormon juga dapat menanggapi jumlah menit hormon dan sangat sensitif terhadap perubahan halus di dalam konsentrasi hormon.

Ciri – ciri utama yang dimiliki hormon adalah :

  • Memiliki pengaruh yang sangat besar dalam enzim khusus.
  • Memiliki pengaruh tidak hanya dalam satu sel saja namun dapat juga mempengaruhi beberapa sel dari target yang berlainan.
  • Sistem produksi dalam darah disekresikan oleh sel kelanjer endokrin dalam jumlah yang cukup kecil.
  • Terjadi interaksi di dalam resptor khusus yang ada dalam sel target.
  • Dapat diangkut dan dialirkan melalui darah menuju sebuah jaringan atau sel target.

Contoh dari sistem hormon adalah manusia yang mengalami pertumbuhan dari bayi hingga dewasa atau bahkan tua. Proses pertumbuhan ini membutuhkan waktu yang lama dan berjalan lambat (jangka panjang). Proses pertumbuhan manusia inilah yang memnunjukkan adanya sistem hormon.

Perbedaan Sistem Saraf dan Sistem Hormon

Agar anda dapat lebih jelas lagi dalam membedakan antara sistem saraf dan sistem hormon maka telah kami rangkumkan di dalam tabel berikut ini.

Perbedaan Sistem Saraf dan Sistem Hormon
PembedaSistem SarafSistem Hormon
PengertianSistem saraf adalah suatu sistem yang terdapat pada organ tubuh manusia dan hewan, dimana sistem saraf ini terdiri dari serabut yang tersusun oleh sel – sel yang saling terkoneksi satu sama lain.Sistem hormon adalah suatu sistem yang berperan untuk mensekresikan hormon dan melibatkan antara kelenjar – kelenjar yang ada dalam tubuh dan memiliki bentuk senyawa organik yang dapat dihasilkan oleh kelenjar endokrin.
Aktivitas1.   Aktivitas motorik volunter dan involuter organ (jaringan tubuh).2.   Esensial guna persepsi sensoris indrawi.3.   Homeostatis oleh berbagai proses fisiologis pada tubuh.Sel target dapat menanggapi jumlah hormon yang sedikit dan bersifat sensitif terhadap perubahan halus dalam konsentrasi hormon.
TugasMenyampaikan rangsangan daari reseptor untuk di deteksi dan di respon oleh tubuh.Mengatur aktiitas dari sistem reproduksi, sistem metabolisme, sistem pertumbuhan, dan sistem perkembangan dalam tubuh.
Sifat RangsanganCepat atau segeraLambat namun teratur
Sifat Pengantar RangsangKurang teraturLebih teratur
Alat Penghantar RangsangSerabut – serabut sarafPembuluh darah
SekresiDalam jangka pendek, seperti kontradiksi otot neurotransmitter dan denyut jantung.Dalam jangka panjang, seperti pertumbuhan dan perkembangan hormon.
KomunikasiDilakukan dengan melalui sistem sirkulasi.Dilakukan dengan neutron melalui sinapsi.
ContohKetika anda terkena pisau maka anda secara reflek akan mengangkat tangan bahkan mengemutnya. Gerak reflek tersebut yang menunjukkan kerja diari sistem saraf.Ketika mata kita terkena debu atau kotoran lain maka kita akan secara reflek mengusap mata kita.Ketika kita menginjak paku maka secara otomatis mangangkat kaki kita.Dan masih banyak lagi gerak reflek lainnya.Manusia mengalami pertumbuhan dari bayi hingga dewasa atau bahkan tua. Proses pertumbuhan ini membutuhkan waktu yang lama dan berjalan lambat (jangka panjang). Proses pertumbuhan manusia inilah yang memnunjukkan adanya sistem hormon.

Demikian yang dapat kami sampaikan megenai pengertian, penjelasan, dan perbedaan sistem saraf dan siatem hormon.

Semoga dengan adanya artikel ini anda dapat lebih paham mengenei kedua saraf tersebut beserta perbedaannya. Terima kasih 🙂