Ulasan Lengkap Vivo Y17

Beberapa bulan lalu, Vivo sempat meluncurkan smartphone kelas menengah mereka yang bernama Vivo Y17. Tidak seperti peluncuran smartphone seri V yang diadakan dengan event meriah, ponsel ini justru rilis di pasaran smartphone Indonesia tanpa adanya event launching. Walaupun sarana ekspos hanya dilakukan melalui promo online, namun Y17 ini mampu mencuri banyak perhatian.

Hal ini dikarenakan Y17 hadir dengan membawa keunggulan pada baterai berukuran jumbo yakni 5000mAh serta kamera tiga sensor. Selain itu, desain dari pose ini juga elegan dengan layar berukuran 6,35 inchi yang tergolong luas. Dengan pilihan dua warna yang trendi yaitu Pearl Pink dan Mineral Blue, membuat para penggunanya semakin tertarik untuk memiliki smartphone yang satu ini.

Bocoran Vivo Y17

Menurut bocoran yang terungkap dari beredarnya poster Vivo Y17 di berbagai media sosial, secara fisik dari Y17 ini membawa desain depan layar dengan poni atu notch berbentuk tetesan air atau sering disebut dengan waterdrop notch. Selain menjadi penghias layar, poni tersebut juga berfungsi sebagai tempat untuk penanaman kamera selife 20 megapiksel.

Selain itu, Y17 juga dikabarkan akan mengusung layar yang mempunyai ukuran seluas 6,35 inchi. Sedangkan untuk bagian belakangnya, smartphone ini akan dibalut dengan nuansa glossy atau kaca mengkilap yang diperkirakan dibuat dari material polikarbonat. Dipastikan juga Oppo akan menanam tiga buah kamera belakang pada punggung dari Y17 ini disertai dengan sebuah flash LED.

Walaupun belum dapat dipastikan ,namun menurut rumor yang beredar menyebutkan jika ketiga kamera belakang pada ponsel tersebut masing-masing mempunyai resolusi sebesar 2 MP, 8 MP, dan juga 13 MP. fitur AI digadang-gadang akan hadir melengkapi kecanggihan kameranya Smartphone ini menggunakan baterai berdaya 5.000 mAh dengan dukungan teknologi dual engine fast charging.

Hadirnya Y17 in disinyalir akan dibekali dengan chipset Helio P35 buatan MediaTek yang memiliki kecepatan hingga 2.3 GHz serta didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB dan internal memori sebesar 128 GB.

Y17 ini kemungkinan juga akan menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan balutan antarmuka khas dari Vivo, yakni FunTouch OS. Menurut kabar yang beredar, smartphone ini akan dijual sekitar akhir bulan April di India dengan harga 16.990 rupee atau setara denan 3,4 juta rupiah. Harga tersebut tentunya sangat pantas dibayarkan untuk spesifikasi yang dibawa Y17.

Spesifikasi Vivo Y17

Tidak dapat dianggap remeh, spesifikasi yang diusung oleh Vivo Y17 ini telah menggunakan RAM berkapasitas 4 GB yang bertandem dengan prosesor berjenis octa-core Helio P35 buatan MediaTek. Sementara dalam hal pengolahan grafis, Vivo mempercayakan Y17 ini kepada CPU PowerVR GE8320 yang terkenal akan kualitasnya,

Perlu untuk Anda ketahui jika Y17 tidak dibekali slot memori eksternal microSD yang biasanya berfungsi sebagai penopang untuk ruang penyimpanan. Namun tidak perlu khawatir karena smartphone ini telah dibekali dengan kapasitas internal storage yang sangat besar dan lebih dari cukup yakni 128 GB.

Dalam hal desain, V17 terlihat memiliki desain yang lebih modern dan segar jika dibandingkan dengan kedua pendahulunya yaitu Vivo Y93 dan Vivo Y95. Gradasi warna yang dihasilkan dari warna bernama Mineral Blue serta Pearl Pink pada cover belakang mampu memberikan kesan premium untuk smartphone berdimensi 159.4 x 76.8 x 8.9 mm dan berbobot seberat 190 gram tersebut.

Untuk layar, smartphone ini mengusung desain layar lebar yang trend di tahun 2019. Dengan diagonal layar sebesar 6.35 inchi beresolusi HD+ yang dihasilkan dari Panel IPS LCD,  akan semakin menarik karena dipadukan dengan poni atau notch berbentuk waterdrop atau tetesan air dan ukuran bezel yang cukup tipis pada kedua bagian sisinya.

Vivo menyebutkan bahwa aspek rasio yang ada pada layar ke bodi mencapai angka 89% dan diberi sebutan Ultra All Screen. Untuk menjalakan berbagai macam keperluan multimedia seperti menonton video, streaming, ataupun bermain game, Vivo menjanjikan pengalaman luar biasa pada V17 ini. Spek handal didampingi layar lebar, tentunya membuat para penggunanya merasa puas.

Untuk bagian kamera, Vivo Y17 hadir dengan dukungan tiga buah kamera pada bagian belakang. Lensa utama mengusung resolusi sebesar 13 MP. Sedangkan lensa kedua beresolusi 8 MP sebagai ultra-wide, dan yang terakhir ada lensa beresolusi 2 MP depth sensor dengan fungsi memperoleh keindahan foto.

Masih menargetkan pasar smartphone bagi pengguna atau kalangan yang gemar melakukan foto selfie, kamera depan yang ditanamkan pada V17 ini mempunyai resolusi sebesar 20 MP dengan penambahan fitur AI Beauty. Dengan kemampuan dan spesifikasi kamera yang diusung ini, pastinya ponsel ini akan menjadi pesaing ketat bagi smartphone lain yang mengutamakan fungsi kamera.

Tidak hanya spesifikasi dan juga kamera yang mumpuni, V17 ini juga mengusung baterai dengan daya yang besar yakni 5000 mAh. Selain itu, baterai sebesar 5000 mAh ini juga telah didukung dengan teknologi dual engine fast charging yang tidak hanya mampu mengisi daya baterai dengan cepat, namun juga mampu melindungi baterai selama proses pengisian daya berlangsung.

Untuk fitur keamanannya, V17 telah didukung oleh sensor fingerprint dengan bentuk oval sebagai akses untuk membuka kunci layar. Namun, tidak ada rincian yang jelas apakah Y17 ini telah didukung oleh fitur face unlock atau tidak.

Kelebihan Vivo Y17

Dalam urusan desain, Vivo Y17 mempunyai desain yang tidak kalah indah dan menarik dari berbagai smartphone lain sekelasnya. Hal ini dikarenakan Vivo menggunakan material polycarbonate dengan finishing yang mengkilat menyerupai kaca untuk cover belakang dari smartphone ini. Tentunya ini membuat Y17 terlihat premium dan berkelas sehingga sangat membantu membangun penampilan.

Seperti yang telah diketahui, jika baterai yang tertanam pada Y17 ini memiliki kapasitas jumbo yakni sebesar 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, membuat Y17 mampu bertahan hidup hingga 2 hari tanpa perlu melakukan pengisian daya sekalipun. Tidak lupa Vivo juga telah menambahkan teknologi dual engine fast charging yang membuat pengisian daya menjadi cepat.

Y17 ini telah dilengkapi dengan tiga buah kamera pada bagian belakang yang memiliki fungsi berbeda-beda, seperti 13 MP sebagai kamera utama, 8 MP sebagai kamera wide angle, serta 2 MP untuk depth sensor. Dengan ini, maka hasil dari foto akan memiliki kualitas yang tinggi, jernih, dan juga cerah. Belum lagi penambahan fitur AI Beauty yang membuat hasil foto semakin indah.

Smartphone ini hadir membawa internal memori sangat besar yakni 128 GB dan juga RAM sebesar 4 GB. Dengan ini maka para penggunanya tidak perlu khawatir dalam menginstal banyak aplikasi maupun menyimpan berbagai file. Jika Anda tertarik untuk memiliki Vivo Y17, maka dana yang perlu dipersiapkan yakni sekitar 2,9 juta rupiah. Harga tersebut sangat sebanding dengan spesifikasi dan fitur yang diberikan. Temukan kumpulan artikel teknologi terkini pada piwiq.com

Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW

Ada dua periode masa islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad setelah berdakwah dengan diam-diam selama tiga tahun, kemudian Allah swt memerintahkan beliau untuk dakwah secara terang-terangan.

Periode Madinah

Nabi Muhammad belum berhasil meletakan dasar-dasar islam di Mekah. Dengan pindah ke Madinah Rasulullah berhasil meletakan nilai-nilai dasar islam. Salah satunya yaitu mendirikan masjid.

Peran Masjid

Pada awalnya masjid digunakan untuk tempat beribadahdan betemu berkumpul disamping diapakai  untuk beribadah. Masjid juga digunakan sebagai tempat jual-beli dan tempat untuk mengadili perkara.

Dalam perkembangan selanjutnya masjid digunakandipisahkan antara tempat shalat dan jual-beli demi menjaga kekhusyukan beribadah. Masjid berperan besar mempersatukan umat islam yang terdiri dari berbagai suku.

Rasulullah tidak memaksa kaumnya untuk ikut membangun masjid yang dirancang sendiri oleh Rasulullah dengan sangat sederhana. Rasulullah sendiri ikut membangun bersama kaum-kaum muslimin.

Masjid yang dibangun merupakan masjid yang luas, temboknya terbuat dari batu bata dan tanah, bearatap daun kurma disebagian. Sedangkan disebagian atap dibiarkan terbuka. Dibeberapa bagian diperuntukan bagi fakir miskin yang tidak berumah.

Belum ada penerangan yang memadai kecuali api dari sekitar jerami yang dibakar bila shalat isya tiba. Yang sedemikian itu berjalan sekitar Sembilan tahun. Setealh itu baru diberi penerangan dari lampu-lampu yang terpasang di batang-batang kura yang dijadikan penopang masjid.

Baca Juga: Artikel Doa Masuk Masjid

Tempat tinggal Rasulullah yang letaknya berdampingan dengan masjid tidak lebih mewah daripada bangunan masjid hanya lebih tertutup keadaanya.

Mempersatukan Antar Kaum Muslim

Rasulullah mempersaudarakan antar kaum muslim baik antar muhajirin dan anshar. Kaum muhajirin adalah orang-orang Mekah yang hijrah ke Madinah. Sementara kaum anshar adalah penduduk Madinah yang menolong Rasulullah dan kaum muhajirin.

Muhajirin dalam keadaan miskin ditempat tinggalnya yang baru karena di temapat tinggal baru mereka tidak dapat membawa kekayaanya yang ada di Mekah. Rasulullah saw mengambil contoh dengan mengambil Ali bin Abu Thalib sebagai saudaranya sendiri.

Rasulullah juga mempersaudarakan antara kaum muhajirin dan anshar hal ini memperkuat persatuan islam. Mereka saling menolong diantara sesamanya bahkan ada yang berhak untuk mewariskan harta yang ditingglkan oleh saudaranya seagama tersebut.

Kaum muhajirin mulai ada yang berdagang seperti Abu Bakar As-Shidiq, Umar bin Khattab, dan Ali bin Abu Thalib. Waktu relative singkat dapat mencapai kekayaan dan mempunyai kafilah yang dapat digunakan untuk meminang wanita di Madinah.

Membuat Perjanjian

Rasulullah membuat perjanjian untuk bekerja sama dan saling membantu antara kaum muslim dan bukan muslim. Masyarakat Madinah waktu itu terdiri dari tiga kelompok yaitu kaum muslimin, orang-orang Arab yang belum masuk islam, dan kaum Yahudi dan Bani Nadir serta Bani Quraizah.

Tiga kelompok ini mengadakan perjanjianyang biasa disebut dengan piagam Madinah yang isinya ;

  • Setiap kelompok dijamin kebebasannya dalam beragama
  • Setiap kelompok berhak menghukum anggota kelompoknya yang bersalah
  • Setiap kelompok harus saling membantu dan mempertahankan Madinah muslim atau non muslim
  • Penduduk Madinah semua sepakat bahwa mengangkat Rasulullah sebagai pemimpinnya dan memberi keputusan hukum segala perkara.

Meletakan Landasan Politik

Sesudah masyarakat Madinah kokoh Rasulullah segera merancang untuk menyebar luaskan islam ke luar Madinah. Sasaran pertama yaitu kota Mekah. Rasulullah mempunyai tiga strategi yaitu merebut kota Mekah terlebih dahulu.

Permusuhan antara kaum Quraisy dan beberapa hal yang membuat Rasulullah harus menggunakan sosial politik sebagai landasan dakwah tidak hanyakhotbah saja yang diperlukan. Maka Rasulullah melakukan apa saja yang dapat mencegah realisasi ancaman-ancaman.

Dengan demikian beberapa periode Madinah yang dapat kita pelajari.

Inspirasi Taman Mungil

Ketika anda memiliki rumah yang bagus dengan tema dan konsep minimalis, tetapi anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menambah taman kecil di rumah minimalis tentu anda memerlukan desain taman yang pas dan sesuai.

Baik dengan ukuran lahannya yang kecil, maupun dengan tema dan konsep minimalis itu sendiri.

Continue reading “Inspirasi Taman Mungil”

Tips Memilih Gorden Rumah

Ikuti 4 tips berikut ini agar Anda tak salah dalam membeli atau memesan gorden nantinya. Memilih ✓ bahan ✓ warna ✓ pola ✓ dsb.


Pengaturan jendela memberikan kehadiran pada suatu ruangan, membantu mengatur suasana dari santai dan easy menjadi berani dan dramatis.

Gorden membuat ruang terlihat lengkap sementara menawarkan fungsionalitas: tidak hanya menambahkan tekstur, dimensi, dan warna ke ruangan, gorden juga dapat memberikan privasi dan isolasi.

Continue reading “Tips Memilih Gorden Rumah”