Mudahnya belanja sayur di masa pandemi ini

Di masa pandemi ini kita tidak boleh sering-sering keluar rumah. Alasannya adalah dengan sering dirumah maka kita akan memperkecil potensi kita terkena virus corona.

Nah yang menjadi masalah adalah kita tetap butuh makanan setiap hari. Kita juga butuh ke pasar untuk belanja sayuran dan bahan-bahan dapur.

Ada berbagai aplikasi yang menawarkan jasa layanan antar belanja sayur dan berbagai kebutuhan lainnya.

Berikut ini adalah aplikasi yang menawarkan jasa belanja sayur online di masa pandemi ini


SAYURBOX

Sayurbox merupakan platform online yang mengusung konsep bisnis farm-to-table. Tak hanya menyediakan sayur-sayuran, daging, dan buah, Sayurbox juga memiliki beragam bumbu siap pakai dan makanan sehat seperti salad dan dressing. Berdasarkan mata rantai atau supply chain yang memisahkan antara konsumen dan petani, maka para pendirinya yakni Amanda Susanti (Founder & CEO Sayurbox), Rama Notowidigdo (Co-Founder Sayurbox), dan Metha Trisnawati (Co-Founder Sayurbox) menghadirkan teknologi digital berbasis aplikasi mobile dan web yang didirikan Juli 2016.

Proses pengiriman satu hari setelah hari pemesanan dan dikirimkan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pembayarannya dapat menggunakan transfer lender, e-wallet seperti Gopay dan Jenius, serta kartu kredit. Setelah memesan, Sayurbox melakukan agregasi jumlah pesanan dan menginformasikannya kepada petani mitra tentang jumlah bahan segar yang harus dipanen. Bahan-bahan segar yang baru dipanen dikirimkan ke Sayurbox untuk segera dikemas dan diantarkan ke konsumen.

Saat ini Sayurbox memiliki 300 jenis sayuran dan buah-buahan dan menjalin kerja sama dengan 50 petani dan produsen lokal yang berasal dari Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok, Sukabumi, dan Bandung.

Wilayah Antar: Jabodetabek


HAPPYFRESH

Berbeda dengan e-commerce belanja sayur online lainnya, HappyFresh lebih tepat disebut sebagai ‘personal shopper’. Ia menjalin kerja sama dengan ratusan supermarket di Indonesia agar pelanggannya bisa belanja tanpa harus keluar rumah. Tidak hanya sayur, HappyFresh menyediakan banyak barang lain sama halnya ketika kita belanja di supermarket. Selain itu, kalau kita enggak suka dengan produknya, maka bisa dikirim balik ke HappyFresh dan melakukan refund.

HappyFresh telah bermitra dengan lebih dari 150 grocery dan toko khusus. Beberapa di antaranya yakni Lotte Mart, Ranch Market, Farmers Market, Transmart Carrefour. The FoodHall, Grand Lucky, HERO Supermarket, Papaya Fresh Gallery, Rezeki Fresh Market, Hokky Surabaya, Frestive dan Prima Freshmart. Kita juga bisa minta dibelanjakan barang-barang dari toko-toko barang organik, kue, wine, dan bunga. Mulai dari Red&White, Vines, Dapur Cokelat, Clairmont, Natural Farm, Ann’s Bakehouse & Creamery, The Wellness Pantry, Rejuve, Wine Cellar, Mothercare, hingga Union. HappyFresh menyediakan tiga opsi cara pembayaran: Cash on Delivery, kartu kredit, dan e-wallet yakni DANA.

Pesan di: www.happyfresh.id, dan melalui aplikasi smartphone.
Wilayah Antar: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Malang


TANIHUB

Dari berbagai difficulty distribusi hasil pertanian yang kerap muncul, Tanihub yang didirikan tahun 2015 bertujuan untuk menghubungkan petani dengan pasar. Dengan begitu, membuka lebar pintu perdagangan petani untuk menjual produk-produk pertanian dengan harga yang adil. Awalnya Tanihub merupakan e-commerce yang menghubungkan petani dengan pembeli. Kini Tanihub tidak hanya menyediakan bahan-bahan pangan sayur, tapi juga berbagai kebutuhan dapur lainnya, termasuk bumbu dapur kemasan dan saus sambal siap pakai.

Petani yang tergabung dalam app Tanihub sudah berjumlah lebih dari 30 ribu petani. Mereka tergabung dalam 1.200 kelompok di Indonesia. Melalui Tanihub, petani diberikan edukasi untuk menghasilkan produk pertanian serta menerima modal untuk menanam lewat TaniFund.

Pesan di: tanihub.com, dan melalui aplikasi smartphone.
Wilayah Antar: Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali


KECIPIR

Kecipir memiliki lebih dari 40 petani sayur organik. Karena diperoleh langsung dari perkebunan, harganya pun jauh lebih murah dibanding sayur-sayur organik yang dibeli di supermarket.

Kecipir adalah social enterprise untuk mewujudkan produksi, distribusi, dan konsumsi pertanian secara lebih berkeadilan dan ramah lingkungan. Sistem penjualan di Kecipir dibuat dengan adil dan menguntungkan pihak petani. Namun pelanggan tetap memperoleh banyak keuntungan karena harga jualnya lebih rendah dibanding di pasar swalayan. Visi Kecipir adalah menjadikan sayuran organik itu menjadi ‘sayuran biasa’ yang lazim dari sisi harga, bisa diandalkan dari segi pasokan, dan lebih sehat jika dikonsumsi.

Pesan di: kecipir.com, dan melalui aplikasi smartphone.
Wilayah Antar: Jabodetabek


TUKANGSAYUR.CO

Didirikan pada Juli 2016, aplikasi TukangSayur.co tidak hanya menyediakan sayur dan buah, tapi juga berbagai bahan masakan dan produk ikan segar maupun olahan. Sayur-mayur, buah-buahan, daging, ikan, hasil laut, dan bumbu dapur yang ada di aplikasi ini berasal dari pasar tradisional setempat. TukangSayur.co menjalin kerja sama dengan tukang sayur keliling atau agen untuk membelanjakan kebutuhan pelanggan di pasar tradisional yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Yang artinya, belanja lewat TukangSayur.co maka berarti melestarikan pasar tradisional di daerah di Indonesia.

Tukangsayur.co bisa dibilang merupakan aplikasi belanja sayur online dengan cakupan wilayah pengantaran paling luas di Indonesia. Untuk menjaga kesegaran sayur, tim TukangSayur.co membelanjakan di pasar sebelum pukul 6 pagi dan mulai diantar atau dikirimkan ke rumah-rumah pelanggan pukul 6 pagi hingga 10 pagi. Aplikasi ini menggunakan sistem pembayaran Cash on Delivery. Siapkan uang tunai dan berikan ke tim TukangSayur.co saat belanjaan Anda tiba di rumah.

Pesan di: Aplikasi smartphone.
Wilayah Antar: Jabodetabek, Bali, Bandung, Gresik, Karawang, Kediri, Lampung, Lombok, Makassar, Malang, Manado, Palangkaraya, Pekanbaru, Purwakarta, Purwokerto, Pontianak, Semarang, Sidoarjo, Solo, Sumedang, Surabaya, Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*